Jokowi Tunjuk Idham Azis Jabat Kapolri

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 11:59 WIB
Jokowi Tunjuk Idham Azis Jabat Kapolri Presiden Jokowi telah menyerahkan nama Komjen Pol Idham Azis kepada DPR untuk menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Titio Karnavian yang diangkat jadi Mendagri (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan nama Komjen Pol Idham Azis kepada DPR untuk menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang diangkat menjadi menteri dalam negeri.

"Pengganti kapolri adalah sudah kami ajukan juga ke DPR. Pak Idham Azis Kabareskrim, satu saja," ujar Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10).

DPR di sisi lain mengamini telah menerima surat presiden (surpres) terkait pencalonan Idham Azis untuk menjabat sebagai Kapolri.

"Sudah masuk. Benar, Idham Aziz," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat dikonfirmasi, Rabu (23/10).

DPR akan segera melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk menyikapi surpres tersebut setelah Komisi III rampung terbentuk.


"Menunggu Komisi III disepakati dulu. Komisi III baru minggu depan, setelah itu langsung kita adakan fit and proper test," katanya.
[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tak membantah mengenai kabar bakal mengisi kursi sebagai Kapolri yang ditinggalkannya setelah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Mendagri.

"Saya dengar begitu," jawab Tito usai ditanya awak media apakah Idham Azis yang akan menjadi Kapolri berikutnya, di Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (22/10).
(fra/gil)