Daftar Menteri yang Terpental: Wiranto Hingga Susi dan Jonan

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 13:08 WIB
Daftar Menteri yang Terpental: Wiranto Hingga Susi dan Jonan Ada belasan menteri kabinet 2014-2019 yang tidak menjabat kembali untuk periode 2019-2024(Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan dan melantik menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan periode 2019-2024.

Ada nama baru. Ada menteri yang kembali menjabat. Akan tetapi, ada pula menteri yang terpental. Mereka tidak mendapat kepercayaan untuk kembali membantu Jokowi di pemerintahan.

Berikut menteri-menteri periode pertama yang tidak dibawa Jokowi mengarungi periode kedua.


1. Wiranto

Wiranto adalah Mantan Panglima TNI pada periode tahun 1998-1999. Kemudian ia sempat menjadi Ketua Umum Partai Hanura. Pada 2016, ia ditunjuk menggantikan Luhut Binsar Panjaitan menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Di akhir masa jabatan, Wiranto diserang oleh sepasang suami istri diduga penganut paham radikal di Banten. Dia ditusuk di bagian perut lalu mendapat perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Kini jabatan Menkopolhukam bakal diemban Mahfud MD.
Wiranto tidak akan menjabat Menkopolhukam di periode kedua pemerintahan Presiden JokowiWiranto tidak akan menjabat Menkopolhukam di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
2. Ryamizard Ryacudu

Ryamizard Ryacudu merupakan mantan Kepala Staf Angkatan Darat periode 2002-2005. Sebelumnya ia sempat menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat di era mantan presiden Abdurrahman Wahid.

Ryamizard dikenal dekat dengan Megawati Soekarnoputri. Ayah Ryamizard, yakni Mayjen TNI Purn. Musannif Ryacudu merupakan orang dekat Soekarno.

Ryamizard tidak lagi menjadi Menteri Pertahanan. Jabatan tersebut kini diemban oleh Letjen Purn. Prabowo Subianto.

3. Susi Pudjiastuti

Latar belakangnya sebagai pengusaha hasil laut mengantarkan Susi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019. Saat menjabat sebagai Menteri, Susi gencar menentang ilegal fishing dan menenggelamkan kapal asing di perairan Indonesia.

Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2019-2024 akan diemban oleh Edhy Prabowo. Dia adalah Wakil Ketua Umum Gerindra.
Susi Pudjiastuti tidak lagi menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di periode kedua pemerintahan JokowiSusi Pudjiastuti tidak lagi menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di periode kedua pemerintahan Jokowi (CNN Indonesia/Safir Makki)
4. Muhammad Nasir

Nasir memiliki latar belakang sebagai Rektor Universitas Diponegoro. Di Undip ia merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Nasir termasuk representasi Nahdlatul Ulama dalam Kabinet Indonesia Kerja. Di Kabinet Kerja, ia menjabat sebagai Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Di Kabinet Indonesia maju saat ini, Pendidikan Tinggi digabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dijabat Nadiem Makarim. Sedang Ristek berada di Kementerian Ristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional yang dinakhodai Bambang Brodjonegoro.

5. Syafruddin

Mantan Wakapolri tersebut tidak melanjutkan jabatannya sebagai Menpan-RB lantaran diganti dengan Tjahjo Kumolo.

6. Amran Sulaiman

Amran merupakan pengusahan di bidang pertanian. Ia memiliki latar belakang pendidikan di bidang pertanian bergelar Doktor yang juga merupakan dosen di Universitas Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Jabatan menteri pertanian selanjutnya bakal diemban oleh Syahrul Yasin Limpo.

7. Darmin Nasution

Pernah menjabat sebagai Direktur Jendral Pajak di Kementerian Keuangan. Kemudian ia juga pernah dipercaya menjadi Gubernur Bank Indonesia sampai akhirnya menjadi Menko Perekonomian

Menko Perekonomian selanjutnya dijabat oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

[Gambas:Video CNN]

8. Hanif Dhakiri

Hanif Dhakiri merupakan politikus PKB. Saat menjadi anggota DPR, ia berkecimpung dalam komisi X yang mengurusi masalah Pendidikan, Olahraga, Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.

9. Eko Putro Sandjojo

Eko dikenal sebagai politikus PKB. Ia menjabat sebagai Menteri Desa pada menggantikan Marwan Jafar yang terkena reshuffle kabinet Jokowi. Abdul Halim Iskandar, yang juga politikus PKB, akan melanjutkan jabatan yang diemban Eko.

10. Nila Djuwita Anfasa Moeloek

Nila merupakan dokter ahli mata dan merupakan guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia juga merupakan istri dari Eks Menteri Kesehatan era Soeharto Faried Anfasa Moeloek. Dalam kinerjanya Nila banyak berfokus pada masalah stunting di Indonesia.

Menteri Kesehatan selanjutnya bakal diemban oleh Terawan, Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.
Ignasius Jonan akan digantikan Ignasius Jonan akan digantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM (CNN Indonesia/Hesti Rika).
11. Ignasius Jonan

Ignansius Jonan sempat mengemban dua tugas di periode pertama pemerintahan Jokowi. Awalnya ia ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Perhubungan lantaran dinliai berhasil menjadi Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pada pertengahan kepemimpinan Jokowi ia digeser menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Kini, jabatan Menteri ESDM diemban oleh Arifin Tasrif 

12. Enggartiasto Lukita

Enggar merupakan Politikus NasDem yang aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia juga dikenal sebagai pengusaha, dan pernah memimpin Real Estate Indonesia (REI). Sementara karir politik Enggar diawali dengan menjadi Bendahara Umum di Partai Golkar.

Menteri perdagangan yang menggantikan Enggar adalah Agus Suparmanto.


13. Arief Yahya

Arief sebelumnya merupakan karyawan PT Telekomunikasi Indonesia. Dia lalu sempat menjabat CEO PT Telekomunikasi Indonesia. Dia digantikan oleh Wishnutama yang akan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

14. Rudiantara

Saat diminta menjadi Menkominfo 2014 lalu, ia menjabat sebagai komisaris Indosat. Belakangan, kinerjanya banyak disorot karena banyak menghentikan akses internet di sejumlah kejadian di Indonesia salah satu di antaranya adalah pembatasan internet di Papua.

Menkominfo selanjutnya akan diemban oleh Sekjen NasDem Johnny G Plate.

15. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Agung merupakan Wali Kota Denpasar periode 2000-2005 dan 2005-2008. Kemudian ia terpilih menjadi Wakil Gubernur Bali periode 2008-2013. Saat menjalani pemilihan, Agung diusung oleh PDIP. Posisinya di Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia digantikan oleh Teten Masduki.

16. Yohana Yembise

Yohana merupakan seorang profesor di Universitas Cenderawasih dan guru besar perempuan pertama dari Papua. Jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak digantikan oleh Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bakal digantikan oleh Fachrul Razi di periode 2019-2024Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bakal digantikan oleh Fachrul Razi di periode 2019-2024 CNN Indonesia/Muhammad Amas)
17. Lukman Hakim Saifuddin

Lukman merupakan politikus PPP. Sempat terpilih sebagai anggota DPR pada 2014. Lalu mengundurkan diri karena ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agama.

Di akhir masa jabatannya, nama Lukman terseret dalam kasus suap jual beli jabatan dengan tersangka eks Ketum PPP Romahurmuziy. Namanya kerap disebut-sebut dalam persidangan.

Kini, jabatan Menteri Agama diduduki oleh Fachrul Razi.

18. Soemarno Soewandi

Selain menjadi menteri BUMN di periode pertama Jokowi, dia juga pernah menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Kabinet Gotong Royong di Era Presiden Megawati Soekarnoputri. Dia digantikan oleh Erick Thohir yang akan menjabat sebagai 2019-2024.

(ani/bmw)