Mahfud MD Dikalungi Bunga di Kemenkopolhukam

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 12:55 WIB
Mahfud MD Dikalungi Bunga di Kemenkopolhukam Mahfud MD saat dikenalkan Jokowi sebagai Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD tiba di kantor barunya di Gedung Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10). Pagi ini mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu resmi dilantik jadi menteri di Istana Negara.

Mahfud tiba sekitar pukul 12.25 WIB dengan jas hitam lengkap dan pecil hitam di kepalanya. Dia berjalan kaki dari Gerbang Utama Kemenkopolhukam didampingi beberapa staf.

Mahfud langsung disambut meriah oleh pegawai Kemenkopolhukam yang telah berbaris menunggunya. Saat tiba di sana, Mahfud langsung memberi hormat kepada Sekretaris Menko Polhuman Letjen TNI Tri Soewandono.


Usai itu, Mahfud langsung dikalungi bunga oleh salah satu pegawai Kemenkopolhukam. Dia pun kemudian bersalaman dengan beberapa pejabat Eselon 1 dan 2 di kementerian ini.

Tak berapa lama, Mahfud pun langsung memasuki Gedung Utama Kemenkopolhukam untuk menemui Wiranto yang telah datang lebih dulu.
Wiranto sendiri sebelumnya memang telah tiba di Kemenkopolhukam. Dia sengaja hadir dan meminta izin kepada Dokter RSPAD yang merawatnya. Hal ini dia lakukan untuk menyambut Menkopolhukam baru yang menggantikan dirinya.

"Saya sengaja izin ke dokter untuk hadiri sertijab ini," kata Wiranto.

Pria bernama lengkap Mohammad Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur pada 13 Mei 1957. Dia selama ini dikenal sebagai pakar hukum tata negara yang pernah berkarier di ranah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
[Gambas:Video CNN]

Mahfud dipercaya menjabat sebagai Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur pada periode 2000-2001. Dia juga sempat merangkap jabatan sebagai Menteri Kehakiman dan HAM.

Mahfud terpilih sebagai anggota DPR dari PKB lewat Pemilu 2004. Dia berada di Komisi III dan sempat di Komisi I. Mahfud juga pernah memimpin Badan Legislasi DPR.

Kemudian, di akhir masa jabatan sebagai anggota legislatif pada 2008, Mahfud mengikut uji kelayakan calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Dia terpilih bahkan dipercaya menjadi Ketua MK periode 2008-2013.
(tst/ain)