Menag: Kalau Ada Islam Radikal, Pasti Tafsir Agamanya Salah

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 04:27 WIB
Menag: Kalau Ada Islam Radikal, Pasti Tafsir Agamanya Salah Menteri Agama Fachrul Razi akan fokus pada program deradikalisasi agama. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan masyarakat yang menafsirkan pelaksanaan Islam secara radikal pasti salah dalam menafsirkan ajaran agama tersebut. Fachrul menyebut Islam adalah agama rahmat bagi sekalian alam atau rahmatan lil alamin.

"Saya melihat betul-betul kalau ada sampai, sampai ada penafsiran pelaksanaan Islam yang radikal, kira-kira pasti menafsirkan agamanya itu salah," kata Fachrul di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10).

"Udah jelas ko Islam rahmatan lil alamin, kok bisa mengajak musuh, apalagi sampai ngajak membunuh banyak manusia, pasti ada yang salah," ujarnya menambahkan.


Pensiunan jenderal bintang itu menduga Presiden Joko Widodo memilih dirinya karena bisa diajak membangun suasana Indonesia yang damai dan penuh persatuan. Selain itu, ia mensinyalir dirinya dinilai bisa menangkal radikalisme yang berkembang cukup kuat saat ini.


"Sehingga beliau berpikir pasti Pak Fachrul mungkin punya terobosan-terobosan lah dalam kaitan menangkal radikalisme ini," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Fachrul menyatakan pihaknya berencana membuat program deradikalisasi, namun belum dirumuskan. Meskipun demikian, ia tak ingin program deradikalisasi yang nanti dirinya canangkan membuat kegaduhan, tetapi bisa diterima semua pihak.

"Semua orang merasa dihormati dengan baik, tapi upaya menangkal radikalisme tetap kita lakukan, itu lah yang betul ide-ide yg baik yang akan kita terapkan," tuturnya.

(fra/DAL)