Gubernur Jatim Khofifah Dukung Prabowo Jadi Menhan

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 23:07 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Dukung Prabowo Jadi Menhan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Surabaya, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mengucapkan selamat atas dilantiknya Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Khofifah meminta semua pihak mendukung Prabowo menempati posisi tersebut.

"Saya rasa Pak Prabowo menunjukkan kenegarawanan yang luar biasa, menurut saya dan ini menjadi bagian dari penguatan," kata Khofifah, saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Rabu (23/10).


Khofifah sempat menyindir Prabowo yang ketika debat Pilpres 2019 dulu sempat menyebut pertahanan Indonesia sangat lemah. Menurut Khofifah, Prabowo punya kapabilitas sebagai Menhan, terutama untuk menguatkan pertahanan Indonesia. Atas dasar itu semua pihak harus mendukungnya.


"Dulu dalam kampanyenya beliau debatnya sempat menyampaikan, bahwa pertahanan di Indonesia lemah dan ketika beliau berkenan menjadi komandan di situ kita harus memberikan support," kata dia.

[Gambas:Video CNN]

Lebih dari itu, Khofifah melihat, masuknya Prabowo ke Kabinet Indonesia Maju menjadi contoh baik, bahwa meski bersaing dalam kontestasi politik, semua pihak tetap bersatu demi kebaikan Indonesia yang lebih maju.

"Legalah, masyarakat juga, bahwa itulah contoh yang baik, bahwa proses kompetisi sudah selesai, maka yang harus dibangun tidak hanya sekedar rekonsiliasi, tapi bagaimana bersama-sama melakukan afirmasi, percepatan percepatan bisa dibangun karena masing-masing punya akses yang cukup kuat dan cukup besar," kata dia.


Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Menhan bersama 33 menteri lainnya oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10) pagi.

Dia merupakan satu dari dua wakil Gerindra yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju. Satu lagi adalah Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo yang menempati pos Menteri Kelautan dan Perikanan.


Catatan redaksi: Judul artikel ini diubah pada Sabtu (2/11), dari sebelumnya berjudul: "Sindir Pertahanan RI Lemah, Khofifah Dukung Prabowo Menhan". (frd/osc)