Jokowi Ingatkan Menteri Tak Ribut di Luar Rapat Istana

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 11:15 WIB
Jokowi Ingatkan Menteri Tak Ribut di Luar Rapat Istana Presiden Joko Widodo (kiri) mengingatkan para menteri tidak meributkan di luar hal-hal yang disepakati dalam rapat di. (ANTARA FOTO/Natan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para menteri Kabinet Indonesia Maju untuk menjalankan setiap keputusan yang diambil di dalam rapat. Ia tak ingin para pembantunya meributkan hal yang sudah diputuskan dalam setiap rapat bersama.

"Jadi dalam setiap rapat, baik paripurna, terbatas atau internal ada payung hukum. Kalau sudah diputuskan dalam rapat, jangan sampai di luar masih diributkan lagi," kata Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

"Silakan ramainya di dalam rapat. Mau debat dalam rapat saya dengarkan, tapi kalau sudah diputuskan, dengan segala risiko harus kita jalankan," ujarnya menambahkan.


Menurut Jokowi, jika terjadi perubahan dalam kondisi tertentu, maka harus dibawa kembali dalam rapat internal atau rapat terbatas. Ia menyatakan kerja pemerintah adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri atau sektoral.

"Ini kerja membangun negara besar, tidak mungkin menteri kalau sendiri-sendiri, ini kerja tim yang dikoordinasi para Menko," tuturnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut sebelumnya terdapat menteri yang diundang rapat oleh menteri koordinator tidak hadir. Namun, Jokowi tak menyebut siapa menteri yang diundang rapat oleh menteri koordinator tetapi tidak hadir.

"Saya juga baru dengar. Bagaimana kita mengonsolidasi jika diundang tidak hadir. Ini harus saya garisbawahi. Sekali lagi kerja tim," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampil mengenakan busana yang selama ini menjadi kekhasannya sehari-hari. Ma'ruf mengenakan jas hitam dibalut dengan syal berwarna putih. Ia tampak memakai sarung berwarna biru gelap dan peci hitam.

[Gambas:Video CNN]

Para menteri Kabinet Indonesia Maju rata-rata mengenakan kemeja putih lengan panjang. Mereka yang mengenakan kemeja putih antara lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Menteri Pariwisiata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama Kusbandio.

Namun, beberapa menteri ada yang memakai batik. Mereka antara lain, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (fra/ain)