Hari Kedua Bekerja, Mendagri Tito Karnavian ke Papua

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 06:11 WIB
Hari Kedua Bekerja, Mendagri Tito Karnavian ke Papua Tito Karnavian dijadwalkan menuju Papua di hari pertama bekerja sebagai mendagri (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dijadwalkan menuju Papua usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, pada sore hari ini, Kamis (24/10). Dia diagendakan bertolak ke Bumi Cenderawasih di hari pertama bekerja sebagai Mendagri.

Hal itu diutarakan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Agenda Tito ke Papua, lanjutnya, tak lepas dari soal keamanan dan akan berada di sana hingga Senin mendatang (28/10).

"Ini masih dipanggil Presiden. Nanti sore ke Papua, di dalam rangka pengamanan bersama Pak Presiden," kata Hadi saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/10).


Tito, kata Hadi, punya latar belakang mumpuni menangani keamanan di Papua. Sebab sebelum menjabat Mendagri, Tito pernah melaksanakan operasi bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menangani konflik Papua.

"Beliau kan yang menggerakkan kemarin, otomatis beliau pertama mantan Kapolda (Papua), mantan Kapolri, otomatis dia yang tahu lapangan," ujar Hadi.
Tito juga sudah menjelaskan rencananya ke Papua usai dilantik menjadi Mendagri pada Rabu kemarin (23/10). Dia ke sana untuk mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Tito berkata bakal didampingi Plt Kapolri Komjen Ari Dono Sukamto. Selain itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga dijadwalkan turut mendampingi kehadiran Jokowi.

Sempat terjadi rangkaian aksi unjuk rasa serta kerusuhan di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat pada Agustus dan September lalu. Demonstrasi berujung kerusuhan tak lepas dari kasus ujaran rasialisme di Surabaya, Jawa Timur.
[Gambas:Video CNN]
Pada pertengahan Agustus lalu, mahasiswa Papua menjadi sasaran pernyataan rasialisme dari sejumlah orang saat mengepung Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa timur. Masyarakat Papua lantas berunjuk rasa meminta aparat mengusut dan menindak tegas pelaku.

Tito sempat datang ke Papua bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto untuk melihat langsung kondisi keamanan di sana. Tito datang sebagai Kapolri dan berkantor sementara sekitar sepekan di awal September 2019.

Kini, Tito akan datang lagi ke Papua sebagai Mendagri. Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menyebut Tito akan berada di sana hingga Senin mendatang (28/10).
(dhf/bmw)