Hari Pertama Operasi Zebra Jaya, Tilang Ribuan Pemotor

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 13:28 WIB
Hari Pertama Operasi Zebra Jaya, Tilang Ribuan Pemotor Ilustrasi Operasi Zebra Jaya. (CNN Indonesia/Aini Putri Wulandari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak lebih dari seribu pengendara sepeda motor pada pelaksanaan Operasi Zebra Jaya hari pertama, Rabu (23/10) kemarin.

"Hari pertama Operasi Zebra Jaya dilakukan penindakan tilang sebanyak 6.686 perkara," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir dalam keterangannya, Kamis (24/10).

Ditlantas Polda Metro mencatat, ada sebanyak 1.547 perkara roda dua melawan arus, serta 314 perkara tidak menggunakan helm SNI.


Kemudian, ada 815 perkara pengendara roda dua tidak membawa atau memiliki SIM, dan 28 perkara pengendara roda dua tidak membawa atau memiliki STNK.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, tercatat 53 perkara pengendara kedapatan menggunakan ponsel serta 102 perkara pengdara tak menggunakan sabuk pengaman.

Lalu, tercatat 55 perkara pengendara roda empat tidak membawa atau memiliki SIM dan enam perkara pengendara roda empat tidak membawa atau memiliki STNK.

[Gambas:Video CNN]
Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2019 selama dua pekan terhitung sejak 23 Oktober 2019 hingga 5 November 2015.

Ada 12 target operasi dalam Operazi Zebra Jaya, namun tiga yang menjadi prioritas. Prioritas itu adalah pengendara yang tidak memilki SIM, pengendara yang tidak memiliki STNK, serta pengendara yang melawan arus.

(dis/kid)