Gibran Minta Restu Megawati Maju Pilwalkot Solo

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 13:36 WIB
Gibran Minta Restu Megawati Maju Pilwalkot Solo Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyambangi kediaman Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri, Kamis (24/10). (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan dirinya telah menyampaikan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, ihwal niat maju dalam pencalonan Wali Kota Solo melalui jalur partai.

Gibran mengatakan niat tersebut disampaikan saat menyambangi Megawati di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10) siang ini. 

"Banyak hal, saya sampaikan keseriusan saya untuk maju. Saya sampaikan bahwa saya sudah punya kartu tanda anggota (KTA) PDIP," ujar Gibran kepada wartawan di luar kediaman Megawati.


Gibran menegaskan dirinya tak akan maju lewat jalur independen di Pilwalkot Solo, 2020 mendatang. "Saya akan berjuang lewat PDIP".

Sebelum bertemu Megawati, Gibran mengaku sudah terlebih dulu sowan atau silaturahmi ke sejumlah elite PDIP lain di Solo.

Hingga berita ini ditulis belum ada pernyataan resmi dari Megawati. Namun beberapa hari sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani Nakshatra Kusyala telah membuka peluang bagi Gibran Rakabuming untuk mendaftar sebagai kandidat peserta Pilwalkot Solo melalui PDIP.

"Jadi ya monggo saja kalau mau mendaftar," kata Puan saat ditemui di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu (9/10).

Puan menegaskan semua orang memiliki hak untuk mencalonkan sebagai pemimpin suatu daerah, tak terkecuali untuk maju sebagai pemimpin di Kota Solo.

Meski begitu, Puan menyatakan PDIP memiliki mekanisme internal tersendiri untuk menjaring kandidat yang akan dipilih untuk maju dalam proses pilkada.

[Gambas:Video CNN]
Agar bisa menjalankan mekanisme partai itu, lanjut Puan, para kandidat yang hendak maju harus menjalankan proses dan tahapan secara proporsional. 

Gibran sendiri telah resmi tercatat sebagai kader PDIP, terhitung sejak 23 September 2019. Dia mendaftarkan diri sebagai kader partai banteng di kantor DPC PDIP Solo. Setelah mendaftar Gibran diberikan KTA dengan nomor 33720510110110870001.

(rzr/wis)