Hari Pertama Menhan, Prabowo Belum Belajar Semua Masalah

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 16:19 WIB
Hari Pertama Menhan, Prabowo Belum Belajar Semua Masalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Prabowo Subianto langsung dihujani pertanyaan oleh awak media usai acara serah terima jabatan Menteri Pertahanan dari Ryamizard Ryacudu, Kamis (24/10). Merespons pertanyaan wartawan Prabowo mengaku belum mempelajari semua persoalan pertahanan di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Prabowo dua kali, saat ditanya sejumlah program pertahanan yang tertunda dan program prioritasnya sebagai menteri pertahanan.

"Jadi begini, saya baru beberapa jam serah terima, jadi saya mau terus terang saja saya akan pelajari semua masalah dan bersama-sama dengan Mabes TNI juga angkatan, staf menhan dan presiden. Kita cari solusi terbaik. Saya gak bisa kasih komentar. Saya belum duduk di kantor saya," ujar Prabowo.


"Saya mohon, baru saya sampaikan tadi saya baru beberapa jam serah terima belum belajar semua masalah. Saya tidak mungkin kasih jawaban yang tepat," kata dia lagi menjawab pertanyaan soal program prioritas Kemenhan.

Prabowo dalam serah terima jabatan juga memuji pendahulunya, Ryamizard Ryacudu. Dia menyebut Ryamizard sebagai patriot.

"Kami dulu di taruna sama-sama, kompi sama, semua rahasia saya beliau tahu jadi jangan banyak dibuka, lah," tutur Prabowo.
[Gambas:Video CNN]
Prabowo melanjutkan bahwa Ryamizard juga mengingatkan kepadanya soal tugas Kementerian Pertahanan yang sangat berat. Tugas Kemenhan seperti dikatakan Ryamizard adalah membantu Presiden terutama dalam menjaga kedaulatan, keutuhan, dan keamanan negara.

"Tanpa itu negara bisa sangat-sangat repot. Jadi itu saya terima dari beliau dan saya juga ucapkan selamat jalan ke beliau. Tapi saya yakin semangat beliau untuk merah putih dan akan terus berbakti," ujar Prabowo.

Serah terima jabatan Menteri Pertahanan digelar Kamis siang sekitar pukul 14.00 WIB di Kementerian Pertahanan. Serah terima jabatan diawali dengan menggelar Upacara Jajar Kehormatan.

Dalam upacara itu, Prabowo juga sekaligus langsung menjadi pembina upacara. Sejumlah petinggi Partai Gerindra hadir, antara lain dua Wakil Ketua Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sugiono. (tst/sur)