Prabowo Enggan Beberkan Konsep Pertahanan ke Publik

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 18:20 WIB
Prabowo Enggan Beberkan Konsep Pertahanan ke Publik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebelum sesi foto bersama Kabinet Indonesia Maju di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan tak ingin menyampaikan konsep pertahanan negara kepada publik. Konsep pertahanan itu sebelumnya telah dia berikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia beralasan konsep pertahanan suatu negara tak bisa disampaikan ke ranah publik secara serampangan, sebab hal ini menyangkut sistem pertahanan Indonesia.

"Jadi saya kira kalau namanya pertahanan enggak boleh terlalu banyak di publik, enggak boleh terlalu banyak," kata Prabowo di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).


Dia pun mendapat banyak pesan dari Menhan sebelumnya, Ryamizard Ryacudu, yang telah resmi purnatugas sejak dirinya dilantik oleh presiden di Istana Negara pada Rabu (23/10).


Prabowo mengatakan Ryamizard telah mengingatkan bahwa tugas menjadi seorang Menteri Pertahanan sangatlah berat. Sebab tugas yang diemban adalah membantu langsung presiden dalam hal kedaulatan negara.

"Menjaga keutuhan wilayah dan menjaga keamanan. Kalau tanpa itu negara ini bisa sangat-sangat repot," kata Prabowo.

Prabowo Enggan Beberkan Konsep Pertahanan ke PublikMenteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama pejabat sebelumnya Ryamizard Ryacuduu mengikuti acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Untuk itu, kata Prabowo, dirinya sangat berterima kasih atas pesan dan hal-hal yang diingatkan oleh Ryamizard kepada dirinya. Dia pun menyatakan akan meneruskan langkah-langkah yang sebelumnya telah dirintis oleh Ryamizard selama menjabat sebagai Menhan.

"Terima kasih Pak Ryamizard terima kasih seluruh jajaran Kemhan, saya akan meneruskan langkah-langkah yang beliau rintis saya akan berusaha untuk berbuat yang terbaik," kata dia.

Hari ini, Prabowo mengikuti acara serah terima jabatan Menteri Pertahanan di Kementerian Pertahanan. Serah terima jabatan diawali dengan menggelar Upacara Jajar Kehormatan.


Dalam upacara itu, Prabowo menjadi pembina upacara. Sejumlah petinggi Partai Gerindra hadir, antara lain dua Wakil Ketua Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sugiono.

Pada kesempatan itu, Prabowo langsung dihujani pertanyaan oleh wartawan. Namun Prabowo mengatakan belum mempelajari semua persoalan pertahanan di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Prabowo dua kali, saat ditanya sejumlah program pertahanan yang tertunda dan program prioritasnya sebagai menteri pertahanan.

"Jadi begini, saya baru beberapa jam serah terima, jadi saya mau terus terang saja saya akan pelajari semua masalah dan bersama-sama dengan Mabes TNI juga angkatan, staf Menhan dan Presiden. Kita cari solusi terbaik. Saya enggak bisa kasih komentar. Saya belum duduk di kantor saya," ujar Prabowo.

Sebelumnya, saat memperkenalkan Menhan baru di Istana, Jokowi menyebut Prabowo lebih mengetahui tugasnya sebagai menteri yang membidangi pertahanan dibandingkan dirinya sendiri.

"Saya kira, tugas beliau saya tidak usah menyampaikan, beliau lebih tau daripada saya," kata Jokowi, Rabu (23/10).


[Gambas:Video CNN] (tst/pmg)