Jokowi: Dulu Ada Menteri Agama dari TNI

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 04:24 WIB
Jokowi: Dulu Ada Menteri Agama dari TNI Presiden Joko Widodo mengatakan sebelumnya pernah ada menteri agama dari kalangan militer. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alasannya menunjuk mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai menteri agama periode 2019-2024. Jokowi mengatakan sebelumnya juga pernah ada menteri agama berlatar belakang militer.

"Sejarah juga telah ada Menag dari TNI," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).


Selain itu, Jokowi memilih Fachrul lantaran ingin permasalahan radikalisme dan intoleransi bisa benar-benar diatasi secara kongkret oleh Kementerian Agama (Kemenag).


"Tapi termasuk di dalamnya perbaikan kualitas pelayanan haji," ujarnya.

Jokowi: Dulu Juga Ada Menteri Agama dari TNIMantan Wakil Panglima ABRI Letnan Jenderal (Purn) Fachrul Razi kini menjabat sebagai menteri agama. (Detikcom Photo/Rengga Sancaya)
Mantan gubernur DKI Jakarta itu berharap Fachrul dapat berbicara banyak terkait perdamaian hingga soal toleransi di antara masyarakat. Di sisi lain, Fachrul memiliki pengalaman lapangan yang cukup panjang.

"Jadi saya kira pendekatannya lunak yang baik," tuturnya.


Posisi Menteri Agama diisi kalangan militer bukanlah yang pertama. Sebelumnya sejumlah tokoh militer pernah menjabat sebagai menteri agama pada era Orde Baru, yaitu Tarmizi Taher dan Alamsyah Ratu Perwiranegara. Namun sejak reformasi 1998, baru kali ini menteri agama dijabat kembali oleh tokoh militer.

Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas menyebut banyak kiai protes ke pihaknya karena Presiden Jokowi memilih Fachrul Razi sebagai menteri agama. Para kiai, kata Robikin, tak bisa mengerti cara pikir Jokowi yang memilih menag bukan dari kalangan agamawan, melainkan militer.

Fachrul Razi sendiri merupakan anggota Majelis Amanah Pusat Pengurus Besar Math'laul Anwar.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," kata Robikin dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10).


[Gambas:Video CNN] (fra/pmg)