Zainut Tauhid Sebut Meski Wakili PPP, Darahnya NU

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 10:53 WIB
Zainut Tauhid Sebut Meski Wakili PPP, Darahnya NU Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi mengisyaratkan bakal ditunjuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi wakil menteri agama (wamenag). Itu diutarakannya usai bertemu dengan Jokowi di kompleks di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10). Kepada wartawan, Zainut mengaku dirinya merupakan perwakilan dari partai politik untuk jabatan wamenag tersebut.

"Meskipun betul Saya mewakili PPP, tapi warna saya, darah saya NU [Nahdlatul Ulama]," ujar Zainut yang datang ke istana dengan kemeja putih dan berpeci hitam tersebut.

Sebagai kader NU, Zainut pun pernah berada di kepengurusan besar ormas Islam tersebut. Aktivitas Zainut bersama NU pun sudah dimulai sejak muda lewat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).


Tapi, Zainut menegaskan dirinya akan menanggalkan seluruh kepentingan kelompok ketika mulai menjabat wamenag mendampingi Menteri Agama Fachrul Razi.

"Ketika saya menjabat, seluruh kepentingan sektoral, saya tanggalkan," ujar Zainut.

Presiden Jokowi, kata dia, meminta agar pendidikan di Indonesia bisa melahirkan pelajar yang tak hanya cerdasm namum memiliki kepribadian bangsa Indonesia.

"Masalah ini dianggap sangat serius, karena ini menjadi pengembangan sektor SDM," kata Zainut menambahkan.

[Gambas:Video CNN]
Tugas yang diberikan Jokowi, kata dia, agar pemerintah bisa memberikan peningkatan ketakwaan kepada Allah, memberikan ketenangan kesejukan, dan tidak menimbulkan suasana yang saling mencurigakan.

"Agar dakwah bisa dikelola dengan baik. Agar dakwah dilaksanakan baik," kata dia.

Sebelumnya, nama Zainut sudah disebut Wasekjen PPP Achmad Baidowi sebagai orang yang potensial menduduki posisi di Kemenag. Pernyataan Baidowi saat itu merespons penunjukkan Fachrul Razi yang berlatar belakang militer menjadi menteri agama.

(fra/kid)