Tokoh Dayak Alue Dohong Ditunjuk Jokowi jadi Wamen LHK

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 11:04 WIB
Deputi Badan Restorasi Gambut, Alue Dohong, menyatakan dirinya ditunjuk Joko Widodo untuk membantu Siti Nurbaya di Kementerian KLHK. Pejabat Badan Restorasi Gambut (BRG) Aloe Dohong saat menyambangi Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (25/10). (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menunjuk Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) Alue Dohong sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada Jumat (25/10).

Usai bertemu Jokowi, Alue menuturkan ia dan presiden banyak berdiskusi masalah kehutanan dan juga rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur.

"Kami banyak berdiskusi masalah kehutanan, kita juga berdiskusi tentang ibu kota negara baru di Kaltim. Berdasarkan arahan bapak presiden kemungkinan (saya ditunjuk sebagai wakil menteri) LHK," kata Alue kepada wartawan di Istana.

Dalam kesempatan itu, Alue mengklaim bahwa ia merupakan anak suku dayak pertama yang menjabat dalam kabinet pemerintahan.

"Dalam sejarah Indonesia merdeka, ini orang dayak pertama di kabinet. Jadi saya yakin kalo takdir jadi wakil menteri, ini jadi kebahagiaan suku dayak di Kalimantan," papar Alue.


Alue merupakan akademisi yang memang telah lama bergelut dalam bidang pengelolaan lahan basah atau lahan gambut.

Sebelum berkiprah di BRG, Alue mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Alue sempat terlibat dalam merestorasi lahan gambut di provinsi tersebut.

Selain bekerja di BRG, ia juga mengajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Universitas Palangkaraya.
(fra/rds)