Surya Paloh Bersyukur NasDem dapat Tiga Menteri dari Jokowi

CNN Indonesia
Jumat, 25 Oct 2019 19:40 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyebut kepuasan itu relatif, tetapi partainya tetap mensyukuri dapat jatah tiga menteri di Kabinet Jokowi. Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersyukur tiga kader partainya dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju 2019. Mereka yang menjadi menteri antara lain Johnny G. Plate, Syahrul Yasin Limpo, dan Siti Nurbaya Bakar.

"Kepuasan itu kan relatif, tapi itu adalah suatu hal yang harus disyukuri," kata Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (25/12).

Paloh menyatakan pihaknya memberikan dukungan tanpa syarat kepada pemerintahan periode kedua Jokowi. Ia mengaku menerima seluruh konsekuensi dan akan tetap konsisten mendukung Jokowi yang kali ini didampingi Ma'ruf Amin.


"Bagaimanapun juga kinerja menteri-menteri NasDem jauh harus lebih baik di dalam Kabinet Indonesia Maju," ujarnya.

Bos Media Group itu menyatakan kader NasDem yang diangkat menjadi menteri merupakan pilihan Jokowi. Menurutnya, Jokowi tetap berkoordinasi dengan dirinya saat memutuskan untuk memilih tiga kadernya.

Paloh pun mengajak semua pihak untuk memberikan waktu bagi para menteri Kabinet Indonesia Maju untuk melaksanakan tugasnya.

"Saya pikir nanti, atas dukungan partisipasi masyarakat, masukan-masukan, termasuk kritik mendapatkan suatu tingkat penilaian yg objektif sejauh mana output kinerja daripada Kabinet Indonesia Maju," katanya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan terpilihnya PSI dan Perindo untuk menduduki dua dari 12 kursi wamen di Kabinet Indonesia Maju merupakan bentuk apresiasi Jokowi meskipun kedua partai politik tersebut gagal lolos mengisi kursi parlemen di tingkat pusat.

"NasDem senang dong, komitmen dan apresiasi diberikan juga meski belum beruntung masuk parlemen," kata Irma kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/10).

Dia menyatakan bahwa terpilihnya PSI dan Perindo untuk menduduki kursi wamen ini juga bentuk penghargaan kepada semua pihak yang berjuang dalam memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 lalu.

"Alhamdulilah, paling tidak semua yang berkeringat juga harus dihargai," ungkapnya.

Namun, Irma tak menjawab saat ditanya apakah NasDem mempermasalahkan komposisi wamen Jokowi karena tidak ada kader yang terpilih untuk menduduki salah satu kursi dari 12 kursi yang dibentuk Jokowi.

Anggota DPR periode 2014-2019 itu hanya tertawa menanggapi pertanyaan tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Presiden Jokowi telah melantik 12 orang untuk menjabat sebagai wamen di beberapa kementerian. Sebanyak dua dari 12 nama itu adalah politikus dari partai politik yang tergabung dalam pendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 silam.

Mereka adalah politikus PSI Surya Tjandra yang dipilih untuk menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN serta politikus Perindo Angela Tanoesoedibjo yang didapuk menduduki kursi Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmodjo Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 
(fra/wis)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER