Guyon Prabowo ke Wakil Menhan: Kamu yang Kerja, Aku Tidur

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 20:37 WIB
Guyon Prabowo ke Wakil Menhan: Kamu yang Kerja, Aku Tidur Menhan Prabowo Subianto. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengusaha Wahyu Sakti Trenggono telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Maruf Amin pada Pilpres 2019 itu ditugaskan membantu Prabowo Subianto mengawal isu pertahanan negara.

Trenggono sempat bertemu dengan Prabowo di Istana Negara, Jakarta, meski Prabowo tidak menghadiri penyambutan di Kementerian Pertahanan.


Trenggono merasa cocok dengan Prabowo. Bahkan, menurutnya, Prabowo sempat berkelakar mengenai pembagian tugas dengan dirinya.


"Saya dengan [Prabowo] tadi bertemu beliau nyaman. Nyaman. Enak bener. Nyamannya kayaknya langsung, beliau bilang gini sambil bercanda, sudah kamu yang kerja aku yang tidur, dia bilang begitu," kata Trenggono di Kementerian Pertahanan, Jumat (25/10).

Dengan candaan itu, Trenggono menanggapi ada suasana tak kaku di antara keduanya. Ia pun menganggap guyonan itu menunjukkan Prabowo memberi kepercayaan terhadap dirinya.

"Artinya nyaman. Nah, saya pikir, waduh, Oo ya sudah, kalau begitu beliau percaya sama saya," ujar Trenggono.


Trenggono sempat merenung saat ditawari menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Trenggono yang merupakan pengusaha teknologi itu sempat bingung dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang memilihnya mendampingi Prabowo.

Namun belakangan, Trenggono bilang Jokowi menitipkan industrialisasi pertahanan di Indonesia agar lebih kuat dan maju.

"Saya bilang, waduh menteri pertahanan di bawahnya Pak Prabowo ini bingung saya. Isinya tentara semua. Sementara saya sipil, pengusaha, kan gitu," ujar dia.

"Lalu Pak Jokowi ternyata menjelaskan bahwa itu saya perlu pengalaman industri saya, pengalaman membangun usaha, gitu ya. Nah, itu bisa diterapkan untuk pengembangan industri pertahanan," lanjutnya.

Kolaborasi antara Prabowo dan Trenggono akan dimulai pada Senin mendatang. Rencananya Prabowo dan Trenggono akan memulai berdiskusi dan mengunjungi Universitas Pertahanan pekan depan.

Dia berharap komunikasi dengan Prabowo bisa cair dan terbuka untuk mencapai tujuan bersama.

"Sempat bertemu di Istana, sempat ngobrol sebentar, beliau ada acara tidak bisa ke sini, lalu hari Senin beliau ngajak saya ke Unhan, mungkin setelah dari sana saya akan diskusi," ujarnya.


[Gambas:Video CNN] (ctr)