Respons Tokoh Papua soal Jokowi Pilih Wamen John Wetipo

els, CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 15:38 WIB
Respons Tokoh Papua soal Jokowi Pilih Wamen John Wetipo John Wempi Wetipo (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokoh Papua Rosaline Rumaseuw mengatakan dirinya senang karena ada satu putera daerah Papua yang masuk di komposisi kabinet baru Presiden Joko Widodo.

Diketahui, Jokowi memilih John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Walaupun ada yang bilang Wakil Menteri kan hanya begini, begini, bodo amat yang penting masuk dalam sistem," kata Rosaline dalam diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (26/10).


Dia menegaskan ada optimisme masa depan Papua karena di sana masih memerlukan pembangunan infrastruktur. "Papua butuh banyak hal sehingga ini terobati. Itu orang asli Papua, lainnya KW-KW itu," kata dia.

Rosaline tidak ingin masuknya orang Papua ke dalam komposisi kabinet dianggap hanya ingin meredakan situasi rusuh.

Wasekjen DPP PAN itu melihat Papua layak memperoleh kursi di pemerintahan karena dalam dua periode Pemilu, sekitar 90 persen orang Papua memilih Joko Widodo.


Meski demikian, dirinya bersama PAN saat ini musti menelan pil pahit karena tidak dirangkul masuk kabinet Indonesia Maju. Rosaline berkata partainya mengambil posisi sebagai mitra kritis pemerintah.

"Kami akan jadi mitra pemerintah yang sedang berjalan. Kami akan mendukung apa yg akan dijalankan pemerintah yang menguntungkan rakyat," kata dia.

Dalam momentum pengenalan para wakil menteri, Jokowi sempat memuji pengalaman sejumlah orang, di antaranya dari Papua.

"Bapak Wempi Wetipo, putra Papua, orang asli papua. Beliau pengalamannya pernah jadi Bupati di Jayawijaya dua periode jadi tak diragukan lagi," ujar Jokowi pada Jumat.

[Gambas:Video CNN] (asa)