Bamsoet Klaim Kantongi Dukungan 367 DPD Tingkat II Golkar

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 02:55 WIB
Bamsoet Klaim Kantongi Dukungan 367 DPD Tingkat II Golkar Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengaku telah mendapatkan  dukungan lebih dari 367 DPD tingkat II untuk maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar di Musyawarah Nasional (Munas) pada awal Desember 2019 mendatang.

"Dukungan DPD [tingkat II Golkar] alhamdulillah sudah lebih dari 367 yang memiliki suara di daerah," kata Bamsoet di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/11). 

Lebih lanjut, Bamsoet mengaku masih mempertimbangkan untuk kembali maju sebagai caketum Partai Golkar. Ia mengaku masih melihat perkembangan politik di internal Golkar beberapa hari ke depan menjelang Munas.


Terlebih lagi, kata dia, desakan agar terciptanya perubahan di internal Partai Golkar menggema cukup keras belakangan ini.

"Karena mereka juga berharap ada kemajuan dari partai Golkar di 2024," kata Bamsoet.

Selain itu, ia mengaku enggan bersikap terkait rencana kubu Airlangga Hartanto yang berkeinginan agar pemilihan ketua umum Golkar dilakukan melalui mekanisme aklamasi.

[Gambas:Video CNN]

Diketahui, Airlangga juga berkeinginan untuk maju kembali sebagai Ketum Golkar tahun 2019-2024. 

Bamsoet mengatakan bahwa para pengurus daerah Partai Golkar sebagai pemilik suara sah dalam Munas yang nantinya bisa menentukan rencana tersebut.

"Saya tidak dalam posisi menerima atau menolak. Yang punya suara lah yang nanti akan bersuara," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan bahwa kandidat ketum Partai Golkar periode 2019-2024 hingga saat ini berjumlah empat orang. Mereka adalah Airlangga Hartarto, Bamsoet, Ridwan Hisjam, dan Indra Bambang Utoyo.

Rivalitas antara dua calon kandidat yang digadang akan maju sebagai Ketum Golkar, yakni Airlangga Hartanto dan Bambang Soesatyo makin memanas jelang Munas. Keduanya kerap melakukan manuver-manuver politik guna meraih simpati para pengurus Golkar di daerah-daerah. (rzr)