PAN Ucapkan Selamat kepada Faldo Maldini Usai Gabung PSI

Tim, CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 08:26 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno menanggapi keputusan mantan kadernya, Faldo Maldini yang kini gabung PSI. Faldo akan bertarung di Pilkada Sumbar 2020 lewat PSI. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Amanat Nasional (PAN) menanggapi keputusan mantan kadernya, Faldo Maldini yang kini bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengucapkan selamat bekerja kepada Faldo.

"Selamat bekerja untuk Faldo. Kita doakan agar ia selalu berjuang untuk rakyat yang tidak mampu memperjuangkan haknya sendiri," kata Eddy kepada CNNIndonesia.com, Senin (28/10).


Faldo memutuskan keluar dari PAN dan bergabung dengan PSI. Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN itu kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sumatera Barat PSI.


PAN Ucapkan Selamat kepada Faldo Maldini Usai Gabung PSIPolitikus muda Faldo Maldini (kiri) bergabung dengan PSI setelah memutuskan keluar dari PAN. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sekjen PSI Raja Juli Antoni menyerahkan surat keputusan pengangkatan Faldo sebagai ketua DPW Sumbar pada Minggu (27/10) di sebuah kafe di Padang. Dalam sambutannya, Antoni menyebut Sumatera Barat sebagai gerbang Indonesia yang harus mengambil bagian dalam kompetisi regional.

"Faldo merupakan salah satu kepemimpinan yang dapat menginspirasi anak-anak muda di Sumbar," kata Antoni dalam keterangan tertulis.

Faldo sendiri mengundurkan diri dari PAN pada awal Oktober lalu. Dalam surat resminya yang diterima CNNIndonesia.com, dia menyatakan keputusan itu diambil setelah berkonsultasi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan tiga kali berdiskusi dengan Sekjen PAN Eddy Suparno.


Dia mengatakan pilihan itu diambil secara sadar dan penuh pertimbangan. Dengan keputusannya itu, Faldo tak inign ada kegaduhan di tubuh partai yang didirikan sejumlah tokoh, termasuk Amien Rais.

"Pilihan ini saya ambil untuk menghindari kegaduhan setelah adanya dukungan dari partai politik lain kepada saya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah," kata Faldo, Sabtu (5/10).

Di PSI, Faldo akan mengikuti kontestasi politik di Pilkada Sumatera Barat 2020. Setelah ini dia ingin fokus pada pencalonan kepala daerah yang mekanismenya diatur oleh undang-undang.

Isu hengkang Faldo Maldini dari PAN awalnya muncul dalam banner iklan sampul depan koran lokal Sumatera Barat, Harian Umum Independen Singgalang edisi Rabu, 18 September 2019.

Dalam iklan tersebut terlihat foto Faldo menggunakan kemeja putih dan peci hitam. Sementara di sampingnya terlihat tulisan 'Sumangaik Baru' dan logo Partai PSI dengan latar warna khas merah hitam.


[Gambas:Video CNN] (pmg/ugo)