Demonstrasi Mahasiswa di Jakarta, Rute TransJakarta Dialihkan

CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 13:04 WIB
Demonstrasi Mahasiswa di Jakarta, Rute TransJakarta Dialihkan Bus Transjakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah rute Transjakarta dialihkan menyusul rencana demonstrasi mahasiswa di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga kawasan Harmoni, Jakarta. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan TransJakarta harus dialihkan karena penutupan jalan. Sejak pagi, polisi telah menutup sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Merdeka untuk mengantisipasi penumpukan arus lalu lintas.

"Sehubungan dengan penutupan jalan dari didepan Kementrian pariwisata/Patung kuda hingga Lampu Merah Harmoni dan Lampu Merah harmoni hingga  Patung Kuda oleh pihak kepolisan maka beberapa rute Transjakarta dilakukan pengalihan sementara," kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10).


Nadia merinci koridor yang dialihkan adalah Koridor 1 Blok M-Kota. Untuk sementara, di rute itu tidak melewati Halte Monas. Kemudian Rute 1A PIK-Balai Kota mengalami perpendekan rute menjadi PIK - Harmoni.

"Koridor 2 Harmoni - Pulo Gadung untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir 2. Rute 6A Ragunan-Monas via Kuningan perpendekan rute menjadi Ragunan - Bank Indonesia via Kuningan," kata dia.
Kemudian Rute 6B Ragunan - Monas via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Bank Indonesia via Semanggi. Rute 5A Kampung Melayu - Grogol untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas. 

Rute 5A Grogol-Kampung Melayu untuk sementara tidak melewati Plang bus BPKP sampai dengan Halte Bank Indonesia. Rute 7F Harmoni - Kampung Rambutan untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir 2. 

"Selanjutnya rute DA4 Kota - MRT Dukuh Atas untuk sementara tidak melewati Pemberhentian Monas 1 sampai dengan Bank Indonesia. Arah sebaliknya, rute DA4 MRT Dukuh Atas - Kota untuk sementara tidak melewati pemberhentian Bank Indonesia sampai dengan pemberhentian Komplek Majapahit Permai," ujar dia.

Sedangkan, rute GR1 Harmoni - Bundaran Senayan untuk sementara tidak melewati pemberhentian Monas 1 sampai dengan Bank Indonesia. Rute GR1 Bundaran Senayan - Harmoni untuk sementara tidak melewati pemberhentian Bank Indonesia sampai dengan pemberhentian RRI.  
[Gambas:Video CNN]
Pengalihan juga terjadi di Rute 1P Bundaran Senayan - Senen yang untuk sementara tidak melewati pemberhentian Indosat sampai dengan Monas 3. Rute 9B Pinang Ranti-Kota untuk sementara tidak melewati halte BI dan Monas.

"Terakhir Rute 2A Kalideres - Pulogadung dan rute 2D Bawa Buaya - ASMI untuk sementara tidak melewati halte Monas sampai dengan Gambir 2," kata dia.

Sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat berencana menggelar demo memprotes Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi dan mendesak Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu KPK. Polda Metro Jaya sudah menerjunkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.
(ctr/ugo)