Kuasa Hukum Rizieq Ucapkan Terima Kasih ke Wasekjen PBNU

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 10:19 WIB
Kuasa Hukum Rizieq Ucapkan Terima Kasih ke Wasekjen PBNU Rizieq Shihab. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuasa hukum tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro berterima kasih kepada Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU), Isfah Abidal Azis terkait pernyataan soal hak Rizieq untuk pulang.

Menurut Sugito, pernyataan Isfah menunjukkan kemurnian pemikiran Isfah yang tidak terpengaruh dengan kondisi politik.

"Kami berterima kasih, artinya dia (Isfah) tidak terkooptasi dan melontarkan pernyataan yang berdasarkan fakta," kata Sugito kepada CNNIndonesia.com, Rabu (31/10).
Dalam sebuah video yang diunggah akun YouTube @Viral NU pada 28 oktober 2019 Isfah mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) mengenal tiga konsep persaudaraan, yakni ukhuwah islamiyah, persaudaraan yang dibangun atas dasar nilai dan prinsip-prinsip islam. Kemudian, Ukhuwah wathaniyah persaudaraan yang dibangun atas dasar nilai dan prinsip prinsip kebangsaan dan Ukhuwah Basyariyah persaudaraan yang dibangun berdasarkan prinsip dan nilai kemanusiaan.


"Dari sisi ukhuwah islamiyah, persaudaraan keislaman, maka kami berpendapat bahwa saudara kami al Habib Muhammad Rizieq bin Shihab berhak untuk pulang dan kembali ke indonesia, itu yang perlu saya sampaikan," katanya.

Namun, Isfah mengatakan hal itu merupakan pendapat pribadi dan bukan mewakili PBNU.
[Gambas:Video CNN]
Sugito mengatakan Rizieq berharap dapat cepat pulang ke Indonesia. Namun, masih ada sejumlah kendala.

"Sebagai warga negara Indonesia pulang ke Indonesia itu hak, perbedaan politik, pandangan politik itu biasa dan lazim," katanya.

Lebih lanjut Sugito mengatakan siapapun dapat berkomentar dan membantu kepulangan Rizieq, termasuk PBNU.

Sejauh ini, kata Sugito belum ada komentar apapun dari Rizieq tentang sikap politiknya termasuk komentar tentang masuknya Prabowo Subianto ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Pada masa Pilpres 2019, Rizieq merupakan pendukung Prabowo.

"Habib Rizieq belum mau berkomentar," katanya.
(ugo/ugo)