Polisi Tangkap Muncikari Terkait Finalis Putri Pariwisata

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 14:27 WIB
Polisi Tangkap Muncikari Terkait Finalis Putri Pariwisata (Foto: Istockphoto/ Motortion)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buron terduga muncikari Soni Dewangga (S), kasus prostitusi online yang melibatkan finalis Putri Pariwisata Indonesia, PA, akhirnya tertangkap oleh penyidik Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim.

S diketahui memiliki kaitan dengan muncikari JL yang sudah ditangkap sebelumnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, polisi telah menangkap S di sebuah tempat, di DKI Jakarta. Saat ini, S pun telah digiring menuju Mapolda Jatim, Surabaya.


"Saya sudah dapat laporan dari penyidik dari Dirkrimum bahwa betul ada penangkapan terkait dengan prostitusi dan kami waktu itu perintahkan coba dikembangkan dan sampai sejauh mana. Saya dapat laporan tadi pagi inisial S sudah ketangkap. Ditangkap di Jakarta," kata Luki, di Mapolda Jatim, Rabu (30/10).

Selanjutnya kata Luki, kepolisian akan melakukan pemeriksaan digital forensik, untuk membongkar siapa saja orang dan pihak yang terlibat dalam jaringan prostitusi online yang dikendalikan S.


"Kami perintahkan lagi untuk membongkar digital forensiknya karena kita dapat laporan baru sepintas bahwa orang-orang yang dulu ada di kelompok yang pernah kami ungkap sebelumnya, ternyata orang-orang itu sudah sebagian hijrah ke kelompok ini," katanya.

Luki mengaku, pihaknya juga ternyata menemukan sejumlah nama-nama yang pernah muncul dalam kelompok jaringan prostitusi sebelumnya. Penyidik pun bakal mendalami itu.

"Ada beberapa nama yang sama dengan tarif-tarifnya. Kami sudah ada semuanya dan kami kembangkan untuk proses kepada ITE-nya, ada atau tidak komunikasi konten pornografi yang dikirim, ditransfer kepada klien, muncikarinya. Ini masih kami kembangkan," katanya.


Penyidik Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, tampak datang membawa seorang pemuda yang diketahui adalah S, sedang mengenakan jaket hitam, menuju ruang pemeriksaan. Tak ada sepatah katapun yang dikatakannya.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) resmi menerbitkan daftar pencarian orang terhadap Soni Dewangga (S), terduga muncikari yang berperan dalam kasus prostitusi online melibatkan finalis Putri Pariwisata Indonesia, berinisial PA.

[Gambas:Video CNN] (frd/asa)