Prabowo Tak Ambil Gaji Rp5 Juta sebagai Menteri Pertahanan

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 18:57 WIB
Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan mantan Danjen Kopassus tersebut memang ingin benar-benar mengabdi kepada negara sejak terjun ke politik Prabowo Subianto tidak mau menerima gaji sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Prabowo Subianto tidak menerima gaji sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Hal itu diutarakan Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak melalui akun Twitter @Dahnilanzar.

Gaji pokok yang diterima menteri kabinet sekitar Rp5 juta.

"Saya ingin mengkonfirmasikan kepada sobat semua khususnya sobat pewarta terkait dengan informasi yang menyatakan Pak @prabowo tidak akan mengambil gajinya sebagai Menteri di @Kemhan_RI adalah BENAR," tutur Dahnil.


Dahnil mengatakan Prabowo tidak mengambil gaji karena selama ini memang berniat mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara. Dia menyebut Prabowo memang berprinsip demikian sejak terjun ke dunia politik.

"Sejak awal beliau masuk politik, berkomitmen untuk mengabdi bagi kepentingan bangsa dan Negara," ucap Dahnil.



Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2000, gaji pokok menteri sebesar Rp5.040.000 per bulan. Kemudian, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 68 tahun 2001, tunjangan menteri sebesar Rp13.608.000 per bulan.

Dengan demikian, menteri mendapat penghasilan sekitar Rp18.648.000 per bulan apabila mau menerima gaji dan tunjangan.

Jika Prabowo hanya menolak menerima gaji, maka dia tetap akan menerima tunjangan, yakni Rp13.608.000.

Prabowo sudah dilantik menjadi Menteri Pertahanan pada 23 Oktober lalu oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sejak dilantik dan mulai bertugas sebagai menteri, Prabowo belum menggunakan mobil dinas. Salah satu ajudan Prabowo mengatakan eks Danjen Kopassus itu memang masih ingin memakai Alphard putih pribadinya.

Belum diketahui pasti apakah di kemudian hari Prabowo akan memakai mobil dinas atau tidak. Kementerian Sekretariat Negara sendiri sudah menyiapkan mobil baru untuk para menteri.

Mobil baru untuk para menteri adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Total pengadaan mobil untuk anggota Kabinet Indonesia Maju mencapai Rp152,5 miliar dan berasal dari APBN 2019.

Selain Prabowo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo juga lebih suka memakai mobil pribadi. Mobilnya adalah Toyota Crown klasik.

"Mobil pribadi, sudah 15 tahun," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis lalu (24/10).
[Gambas:Video CNN] (bmw/bmw)