Wishnutama: Baparekraf Bakal Turun Sampai ke Desa

CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 10:36 WIB
Menparekraf Wishnutama menyebut Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan sampai ke desa-desa karena geliat ekonomi kreatif tak hanya tumbuh di kota-kota besar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) akan membantu tugas kementerian yang dirinya pimpin. Pria yang akrab disapa Tama itu menyebut badan baru tersebut akan bekerja sampai ke desa-desa.

"Saya pikir dengan koordinasi ini justru apa yang dilakukan Bekraf (Baparekraf) akan bisa terekspos di masing-masing daerah, kota kecil," kata Tama di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (30/10).

Baparekraf dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2019 tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Peraturan ini diteken Jokowi pada 24 Oktober 2019.


Dalam Pasal 1 Perpres 70/2019, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Badan baru tersebut memiliki susunan organisasi, meliputi; kepala, wakil kepala, sekretariat utama, deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan, deputi bidang pengembangan destinasi pariwisata, deputi bidang pengembangan pemasaran I, deputi bidang pengembangan pemasaran II.

Kemudian, deputi akses permodalan, deputi infrastruktur, deputi pemasaran, deputi fasilitasi hak kekayaan intelektual dan regulasi, dan deputi hubungan antar-lembaga dan wilayah.

Kepala badan dijabat Tama. Sementara wakil kepala badan ini dijabat Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. Sekretaris utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diisi sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

[Gambas:Video CNN]
Komisaris Utama NET Mediatama Televisi itu menyatakan geliat ekonomi kreatif tak hanya tumbuh di kota-kota besar, tetapi juga sampai ke desa-desa.

"Ekonomi kreatif itu kita harapkan bukan hanya di kota besar yang merasakan, di kota kecil, desa bisa merasakan ekonomi kreatif tersebut. Jadi jangan dilihat sepotong-sepotong," ujar Tama.

Sementara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menepis anggapan Jokowi melakukan pemborosan karena membentuk badan yang serupa nama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebab badan baru itu tetap dijabat oleh Tama sendiri.

"Kan pejabatnya satu, Pak Wishnutama. Seperti manajemen talenta ingin membuat badan, akhirnya ditarik ke KSP. Nanti yang mungkin membawahi salah satu deputi," kata Moeldoko kemarin.

Menurutnya, jika badan baru yang dibentuk Jokowi berdiri sendiri, makan dibutuhkan infrastruktur sendiri. Mantan Panglima TNI itu menyatakan badan baru ini akan membantu kerja kementerian.

"Tapi kalau langsung di bawah menteri, menteri sebagai ketua badan, tapi di bawahnya deputi," ujar Moeldoko. (fra/osc)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK