Duit Wawan Mengalir ke Jennifer Dunn hingga Catherine Wilson

CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 17:29 WIB
Duit Wawan Mengalir ke Jennifer Dunn hingga Catherine Wilson Terdakwa kasus TPPU Tubagus Chaeri Wardana disebut mengalirkan dana ke sejumlah artis dalam bentuk mobil. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisaris Utama PT Balipasific Pragama (BPP) Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan didakwa melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan menyamarkan dalam bentuk pembelian kendaraan bermotor.

Dari sejumlah pihak yang menerima kendaraan bermotor itu, terdapat sederet nama selebritas dalam surat dakwaan. Salah satunya Jennifer Dunn.

Jaksa menyebutkan Wawan membeli satu unit mobil Toyota Vellfire tahun 2013 warna putih senilai Rp910 juta atas nama Jenifer Dunn.


"Pembayaran mobil dilakukan secara tunai melalui bilyet giro BNI sebesar Rp910 juta ke PT Duta Motor," ujar jaksa.

Selain Jenifer, Wawan juga membeli mobil BMW 320i AT E90 CKD pada 2011 atas nama Aima Diaz. Namun mobil itu telah dijual Aima pada 2013 seharga Rp235 juta.

Artis Jennifer Dunn disebut sebagai penerima Toyota Vellfire dari Wawan.Artis Jennifer Dunn disebut sebagai penerima Toyota Vellfire dari Wawan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Ada pula pembelian mobil Honda CRV sebesar Rp383 juta pada 2012 atas nama penyanyi Rebeca Soejatie Reijiman. Mobil itu kemudian dijual Rebeca pada April 2013 senilai Rp258 juta.

"Kemudian pembelian mobil Nissan Elgrand 2.5 WD atas nama Catherine Wilson pada Mei 2012 yang dibeli Wawan seharga Rp650 juta," kata jaksa.

Wawan juga disebut membeli mobil Mercedes Benz C200 K AT seharga Rp575 juta pada tahun 2009 atas nama Reny Yuliana. Mobil itu tak lama dijual Reny senilai Rp284 juta.

Selain mengatasnamakan para selebritas, Wawan juga membeli mobil atas nama dirinya sendiri maupun PT BPP.

Hasil TPPU Wawan, lanjut jaksa, juga disamarkan dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening-rekening atas nama orang lain, nama Wawan sendiri, PT BPP, maupun perusahaan di bawah kendali Wawan.

Jaksa merinci sejumlah rekening yang menjadi tempat penyimpanan hasil TPPU Wawan di antaranya yakni menempatkan uang di rekening orang kepercayaannya, Yayah Rodiah. Uang tersebut salah satunya digunakan untuk membayar aset Wawan.

[Gambas:Video CNN]
Dari hasil penelusuran jaksa, ada pula catatan transfer ke beberapa rekening di antaranya ke rekening Jennifer Dunn.

"Terdakwa juga menempatkan uang di rekening atas nama Airin Rachmi Diany selama kurun waktu 2010-2013," kata jaksa.

Wawan merupakan suami dari Airin, Bupati Tangerang Selatan, sekaligus adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

(psp/arh)