214 Anggota DPR Absen Paripurna Pengesahan Kapolri Idham Azis

CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 18:30 WIB
214 Anggota DPR Absen Paripurna Pengesahan Kapolri Idham Azis Suasana rapat paripurna pengesahan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri baru. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPR RI baru sebulan dilantik sebagai wakil rakyat. Namun banyak dari mereka yang absen dalam rapat paripurna DPR hari ini.

Ketidakhadiran para anggota DPR itu terlihat dari jejeran kursi-kursi kosong yang mendominasi ruang rapat paripurna DPR di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10). 

Rapat paripurna sore tadi mengagendakan pengambilan keputusan strategis untuk mengesahkan Komjen Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian RI menggantikan Jendral (Purn) Tito Karnavian.


Pimpinan sidang paripurna yang juga Ketua DPR, Puan Maharani mengklaim ada 361 dari 575 anggota DPR yang hadir dalam persidangan tersebut. Data absensi itu, ia sebut didapatkan dari pihak Kesekjenan DPR. Artinya, sebanyak 214 anggota DPR absen dalam rapat tersebut.

Puan pun menyatakan rapat paripurna kuorum dan dapat dilanjutkan ke agenda selanjutnya.

"Dihadiri oleh seluruh fraksi dan kuorum telah tercapai," kata Puan saat membuka sidang.

Selain banyak anggota DPR yang absen, rapat paripurna pun terpantau molor digelar. Rapat yang sedianya dijadwalkan dimulai pukul 14.00 WIB mundur hingga sekitar pukul 16.00 WIB.

Bahkan, beberapa anggota DPR yang sudah tiba terlebih dulu di ruang sidang mengeluhkan rapat yang tak kunjung dibuka oleh pimpinan sidang.

[Gambas:Video CNN]
"Waktu, ketua, waktuuu," kata salah satu anggota dewan sambil menyalakan microphone di mejanya.

DPR sebelumnya telah menyelesaikan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan terhadap Idham Azis. Idham lolos dengan proses yang cepat.

Komisi III DPR pun secara aklamasi memilih Idham sebagai pengganti Tito Karnavian yang kini menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). (rzr/wis)