Kongres NasDem akan Kukuhkan Lagi Surya Paloh sebagai Ketum

CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 13:43 WIB
Kongres NasDem akan Kukuhkan Lagi Surya Paloh sebagai Ketum Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP NasDem Taufik Basari menyatakan Surya Paloh kemungkinan besar akan terpilih kembali sebagai ketua umum periode 2019-2024 pada Kongres Nasdem yang digelar di Jakarta, 8-11 November 2019 mendatang.

Kongres merupakan forum tertinggi di internal Partai Nasdem untuk memilih ketua umum baru. Kongres partai digelar tiap 5 tahun sekali.

"Kalau dari pandangan-pandangan yang sekarang beredar di berbagai wilayah, provinsi, termasuk dari DPP, ya sepertinya kami masih membutuhkan sosok SP [Surya Paloh] untuk memimpin partai Nasdem ini," kata Taufik di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (5/11).


Meski berpeluang terpilih kembali, Taufik menekankan bahwa Paloh sudah meminta kepada para kader untuk mempersiapkan sistem bila Paloh tak terpilih kembali sebagai ketum.

Ia mengatakan sistem itu untuk menghindari Nasdem dari 'politik patron' yang menjadi persoalan parpol-parpol di Indonesia saat ini. Juga agar partai ke depan tak hanya terpaku pada figur atau sosok seperti Paloh seorang.

"Kami enggak mau partai Nasdem ini menjadi partai yang patron, tapi kami bersandar pada sistem. Sistem ini apa pun terjadi ke depan mudah-mudahan kami bisa bertahan sampai akhir zaman," kata dia.

Selain pemilihan Ketum, Basari mengatakan kongres Nasdem akan merumuskan kembali program-program kepartaian dan menyusun rencana kontribusi partai untuk Indonesia 5 tahun ke depan.

Untuk mewujudkan itu, Taufik mengatakan Nasdem sengaja mengundang para ahli untuk berdiskusi dan menyerap pemikiran sehingga bisa direalisasikan ke depannya.

"Harapan agar Nasdem bisa jadi partai modern yang bisa antisipasi berbagai tantangan ke depan, yang bisa memberikan warna baru dalam perpolitikan, itu yang akan kami jadikan puncak dari hasil kongres kedua kami nanti," kata dia. (rzr/wis)