Disindir, NasDem Sebut Jokowi-Paloh seperti Adik-Kakak

CNN Indonesia | Kamis, 07/11/2019 15:57 WIB
Disindir, NasDem Sebut Jokowi-Paloh seperti Adik-Kakak Presiden Jokowi dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh disebut bak abang-adik. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan sindiran Presiden Joko Widodo kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh soal pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman sekadar candaan untuk mencairkan situasi politik.

"Kalau kita sama Pak Jokowi udah biasa bercanda, isinya bercandaan terus. Kalau enggak ada gimik-gimik gitu ya politik kita hambar saja, dan ini adalah suatu bagian dari proses yang mencairkan politik kita," kata Willy saat dihubungi wartawan, Kamis (7/11).
Lebih lanjut, Willy mengatakan guyonan itu justru memperlihatkan kedekatan Jokowi-Surya yang disebutnya "berada di atas normal", sudah berlangsung sejak lama bahkan sudah "seperti abang-adik".

"Nah, kalau kita melakukan dialog secara satu sama lain baik di dalam parpol koalisi ataupun di luar itu hubungannya akan jauh lebih cair ya," kata dia.


Selain itu, Willy mengatakan Surya tak hanya mengunjungi PKS semata, tapi juga bersilaturahmi dengan partai politik lainnya. Tujuannya, membuka dialog kebangsaan dan merajut politik yang hilang antara sesama partai politik.

[Gambas:Video CNN]

"Nah kalo kita melakukan dialog secara satu sama lain baik di dalam parpol koalisi ataupun di luar [koalisi] itu hubungannya akan jauh lebih cair ya," kata dia.

Melihat hal itu, Willy menilai sudah sewajarnya bila perpolitikan tanah air diwarnai dengan guyonan ketimbang terlalu tegang dalam merespons isu tertentu. Hal itu dapat membuat iklim politik tanah air akan makin sehat dan hubungan para elite politik makin mencair.

"Kalau politik kita isinya pantun, guyon, dan itu adalah suatu tradisi yang jauh lebih baik atau sehat karena mampu merespons satu sama lain. Artinya kan enggak sehat kalau sesuatu terjadi kemudian diam-diaman. Itu lebih enggak sehat," kata dia.

Sebelumnya, Jokowi menyebut Paloh tampak lebih cerah dari biasanya setelah bertemu dengan Sohibul di Kantor DPP PKS, Jakarta.

Jokowi menyinggung wajah Paloh cerah setelah berangkulan dengan Sohibul usai pertemuan. Mantan gubernur DKI Jakarta itu tak tahu makna dari rangkulan mereka berdua. Namun, Jokowi menyebut rangkulannya tak seperti biasa.

"Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya se-erat dengan Pak Sohibul Iman," ujarnya.

(rzr/arh)