NasDem: Kami Harapkan Kedatangan Anies di Kongres

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 19:05 WIB
NasDem: Kami Harapkan Kedatangan Anies di Kongres Sekjen NasDem Johnny G Plate berterima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tak keberatan berikan sambutan dalam Kongres NasDem (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan pihaknya mengharapkan kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memberikan sambutan dalam pembukaan kongres yang dihelat di Kemayoran, Jakarta, pada Jumat malam (8/11).

Kehadiran Anies dinanti karena dia merupakan pimpinan pemerintahan di wilayah Ibu Kota, tempat Kongres NasDem diselenggarakan.

"Tentu kami harapkan kehadiran Gubernur DKI Jakarta," tuturnya di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).


Sejauh ini, kata Johnny, Anies bersedia untuk hadir dalam Kongres. Mantan Mendikbud itu juga tak keberatan untuk memberikan sambutan dalam momen pembukaan Kongres.

"Saya atas nama partai NasDem tentu berterima kasih untuk Gubernur yang bersedia hadir nanti malam. Mudah-mudahan tidak ada halangan untuk memberikan ucapan selamat datangnya kepada keseluruhan peserta kongres," kata Plate.

Johnny tidak mau mengaitkan kehadiran Anies dalam kongres nanti dengan hubungan politik jangka panjang. Dia menampik NasDem bakal mengusung Anies pada Pilpres 2024 mendatang.

Johnny menegaskan bahwa Anies diundang selaku Gubernur DKI Jakarta atau tuan rumah penyelenggaraan Kongres NasDem yang dihelat di bilangan Kemayoran.

"Pembicaraan mekanisme rekrutmen calon presiden dan wapres juga baru dibahas nanti. Itu (pengusungan Anies) belum tahu masih panjang jalannya," ujarnya.
[Gambas:Video CNN]
NasDem menggelar Kongres pada 8-11 November di Jakarta. Agendanya adalah penyusunan anggota DPP serta program dan arah politik lima tahun ke depan.

Tidak hanya kader, NasDem juga mengundang beberapa tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengklaim pihaknya sudah memiliki hubungan dekat dengan mantan Mendikbud tersebut.

Kedekatan terbangun sejak NasDem masih berupa ormas. Willy mengatakan Anies termasuk deklarator NasDem, sehingga memiliki kedekatan secara kultural dan emosional sejak lama.

"Pak Anies Baswedan dengan NasDem sudah punya hubungan erat secara kultural dan emosional. Sudah dekat lahir dan batin," tutur Willy saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).

Selain Anies, NasDem juga mengundang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Willy menyebut Khofifah diundang karena turut berperan dalam deklarasi ormas NasDem.

"Kita juga undang semua pimpinan parpol di dalam negeri. Parpol luar negeri, ada beberapa negara sahabat kita undang," katanya.
(mjo/bmw)