Jokowi: Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan

CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 11:04 WIB
Jokowi: Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11) pagi. Turut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maj di lokasi.

Usai menjadi inspektur upacara, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan para pejuang yang mampu memberantas kemiskinan, kebodohan dan kesenjangan yang makin melebar di tanah air.

"Kita sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya," kata Jokowi.


Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk miskin Indonesia pada Maret 2019 sebesar 25,14 juta penduduk. Angka ini menurun 810 ribu penduduk dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Jika dilihat dari persentase jumlah penduduk, penduduk miskin hingga Maret 2019 tercatat 9,41 persen atau menurun dibandingkan tahun sebelumnya 9,82 persen.

Dari jumlah tersebut, persentase penduduk miskin di desa mencapai 12,85 persen sementara kota sebesar 6,89 persen. Sementara jika dilihat dari sebaran provinsi, Papua menduduki provinsi termiskin di Indonesia dengan tingkat kemiskinan 27,53 persen dan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah yakni 3,47 persen.

Jokowi lantas berharap agar masyarakat terus mampu menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Sebab, lanjut dia, para pahlawan tersebut telah berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Bangsa besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya," kata dia.

Diketahui, tema utama peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah "Aku Pahlawan Masa Kini". Dengan tema itu pemerintah berharap setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan, Jokowi dan Ma'ruf Amin berziarah ke beberapa makam pahlawan dan makam mantan presiden dan wakil presiden RI di Kompleks Taman Makam Pahlawan Kalibata. (rizky/mik)