Jokowi Tak Ikut Campur Bamsoet Vs Airlangga di Munas Golkar

CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 13:45 WIB
Jokowi Tak Ikut Campur Bamsoet Vs Airlangga di Munas Golkar Presiden Joko Widodo menegaskan Munas Golkar dengan agenda pemilihan ketua umum partai beringin baru sepenuhnya menjadi urusan internal partai. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo tak mau ikut campur dengan forum Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang akan digelar pada awal Desember 2019 esok. Jokowi menegaskan bahwa Munas Golkar tersebut merupakan urusan internal partai beringin

"Itu adalah urusan internal," kata Jokowi usai Upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11).

Jokowi menegaskan Airlangga Hartanto saat ini adalah seorang Ketua Umum Golkar sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Maju. Oleh karena itu, Jokowi menganggap wajar jika dia menganggapAirlangga sebagai sosok yang top.

"Masa enggak boleh nyebut nama. Pak Airlangga memang ketua, saya sebut kan top kan boleh," kata Jokowi.


Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menegaskan bahwa posisi Jokowi netral dalam gelaran Munas Golkar.

Ia menyatakan Jokowi merupakan salah satu partai yang menjadi tulang punggung dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf.

"Masih [netral], presiden mengatakan bahwa itu adalah urusan internal dari Partai Golkar," kata dia.

Diketahui, rivalitas antara Wakirbid Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bansoet) dan Airlangga makin memanas jelang Munas Golkar. Baik Bamsoet dan Airlangga digadang akan maju sebagai kandidat calon ketua umum Golkar periode 2019-2024.
(rzr/gil)