NasDem Target Menangkan Pemilu 2024

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 06:12 WIB
NasDem Target Menangkan Pemilu 2024 Ketua NasDem Surya Paloh. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai NasDem menaruh target menjadi pemenang Pemilu 2024. Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi NasDem Charles Meikyansah menuturkan target itu merupakan permintaan Ketum NasDem Surya Paloh dalam Kongres NasDem.

"Kami menargetkan Partai NasDem berada pada posisi nomor satu," ujar Charles di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11).
Charles menuturkan Paloh tidak ingin NasDem hanya berada di urutan tiga besar pada Pemilu 2024. Sebab, dia berkata Paloh memandang NasDem mampu menjadi juara Pemilu karena memiliki pergerakan yang masif.

Lebih lanjut, Charles berkata Paloh meminta NasDem memiliki minimal kader di setiap desa yang ada di Indonesia. Dia berkata hal itu merupakan salah satu strategi agar menjadi pemenang Pemilu 2024.


"Beliau menegaskan untuk satu tahun ini di setiap kepengurusan akan ada di kepengurusan sampai tingkat desa minimal ada lebih dari satu orang," ujarnya.

Ketua Bappilu Wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Sugeng Suparwoto menuturkan NasDem juga menaruh target menjadi pemenang Pilkada 2020. Dia berkata NasDem ingin mengulang prestasi yang didapat pada Pilpres 2019, yakni menjadi partai yang paling banyak memenangkan kepala daerah.

"Kami juga akan menargetkan menang," ujar Sugeng.
Sugeng berkata, target menjadi pemenang Pilkada bukan hal mudah. Akan tetapi, menurutnya NasDem sudah memiliki banyak pengalaman dalam Pilkada.

"Dan Insyallah yang menang secara dominan adalah kader langsung NasDem. Ini juga menjadi tekad kongres," ujarnya.

Kongres II NasDem pada 8-11 November telah memilih kembali Surya Paloh sebagai ketua umum. Saat pembentukan struktur, Paloh menunjuk anaknya, Prananda Surya Paloh sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu menggantikan Effendi Choiri.

[Gambas:Video CNN]
Kepala Bidang Pemilih Pemula dan Milenial NasDem, Lathifa M. Al Anshori menyampaikan pihaknya meyakini Prananda mampu membawa NasDem menjadi pemenang Pemilu 2024. Dia berkata kapasitas dan kapabilitas seseorang tidak dilihat dari usia.

"Mengapa Ketua Bapilunya (NasDem) muda? Saya rasa dan NasDem mempercayai kapasitas dan kapabilitas tidak didasarkan oleh umur," ujar Lathifa di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Lathifa menuturkan status Prananda sebagai Ketua Bappilu NasDem juga terkait dengan jumlah pemilih pemula dan milenial yang diprediksi meningkat pada Pemilu 2024. Berdasarkan data KPU, dia berkata pemilih milenial pada 2019 mencapai 53 persen dari total seluruh pemilih.

"Sehingga trennya di 2024 pemilih muda juga sangat tinggi," ujarnya. (jps/wis)