Singgung Paloh-Megawati, Jokowi Tepis Koalisi Renggang

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 07:19 WIB
Singgung Paloh-Megawati, Jokowi Tepis Koalisi Renggang Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah anggapan partai politik koalisi pemerintah tak rukun. Terlebih, kata Jokowi, Ketua Umum NasDem Surya Paloh sudah menyampaikan sayang terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Hal itu Jokowi sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara HUT ke-8 NasDem, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11) malam.

Awalnya Jokowi menyinggung soal rangkulan Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Masalah rangkulan yang sempat diungkit saat di acara HUT ke-55 Golkar itu, kata Jokowi, hanya masalah kecemburuan semata. Ia mengaku tak pernah dipeluk erat oleh Paloh.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan tak ada yang salah dengan rangkulan Paloh dengan Sohibul. Apalagi, menurut Jokowi, jika rangkulan itu untuk kepentingan serta kebaikan bangsa dan negara.

"Kalau rangkulan itu untuk komitmen persaudaraan, untuk komitmen kerukunan, untuk komitmen persatuan, persaudaraan sebangsa setanah air, apa yang keliru, apa yang salah? itu bagus sekali," ujarnya.
Jokowi mengaku dirinya hanya bercanda dengan Paloh ketika mengungkit rangkulan dengan Sohibul--yang notabene pimpinan partai di luar koalisi pemerintah. Ia pun meminta semua pihak tak menanggapi candaannya itu sebagai hal yang serius.

Jokowi lantas menyinggung pernyataan Paloh terhadap Megawati ketika menyampaikan sambutan.

"Apalagi tadi sudah disampaikan juga oleh Bang Surya, betapa sayangnya Bang Surya kepada Ibu Megawati. Coba sahabat sejati saya, yang paling saya sayangi ibu Megawati Soekarnoputri, dia (Surya Paloh) sampaikan," kata Jokowi.

"Jadi salah besar kalau ada yang menyampaikan koalisi ini sudah tidak rukun, keliru gede sekali. Kita rukun-rukun saja," ujarnya.
Mantan Wali Kota Solo itu juga menyinggung soal peristiwa Megawati yang tak menyalami Paloh ketika acara pelantikan anggota DPR Periode 2019-2024, awal Oktober lalu. Menurut Jokowi, Megawati saat itu hanya terlewat tak menyalami Paloh.

"Wong saya ini kalau pas nyalami kadang-kadang tangan saya juga ke sini ada dua yang kelewatan, juga sering kok. Jangan dimasalahkan hal-hal yang kecil seperti itu," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/osc)