Puting Beliung Terjang 12 Desa di Blora, 38 Bangunan Rusak

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 19:14 WIB
Puting Beliung Terjang 12 Desa di Blora, 38 Bangunan Rusak Ilustrasi bangunan rusak akibat angin puting beliung. (Dok. Basarnas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan deras disertai angin puting beliung melanda 12 desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (11/11) sekitar pukul 17.00 WIB. Sedikitnya 27 rumah dan 11 tempat usaha rusak.

"Hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengakibatkan beberapa rumah warga rusak dan roboh," ujar Kepala Pusat Data Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, Selasa (12/11).


Agus mengatakan akibat angin puting beliung tersebut 12 rumah mengalami rusak berat, 3 rumah rusak ringan, dan 12 rumah rusak sedang. Selain itu, 11 tempat usaha juga mengalami kerusakan.


Dia merinci, sebanyak satu rumah rusak berat di Desa Kentong, dua rumah rusak ringan di Desa Wado, dua rumah dan tiga tempat usaha rusak di Desa Kutukan.

Kemudian satu rumah dan tiga tempat usaha rusak di Desa Sumberjo. Tiga rumah dan dua tempat usaha rusak di Desa Pilang. Satu rumah rusak berat di Desa Kediren, satu rumah rusak sedang di Kelurahan Wulung. Empat rumah rusak berat dan dua tempat usaha rusak di Desa Kadengan.


Lalu satu rumah rusak di Desa Jeruk, sebelas rumah rusak di Desa Tanggel dan satu rumah di Desa Ngiyono.

Tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Blora sudah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pendataan terhadap korban pemilik rumah dan tempat usaha. Per hari ini, kata Agus, korban pemilik rumah dan tempat usaha sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Tidak ada korban luka," ujarnya di Kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur.

Pemotongan pohon juga dilakukan dibantu oleh aparat kepolisian setempat, petugas pemadam kebakaran relawan dan warga setempat.


[Gambas:Video CNN] (fey/pmg)