Teriakan Warga, Jokowi, dan Foto Dua Anak Papua

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 06:47 WIB
Teriakan Warga, Jokowi, dan Foto Dua Anak Papua Presiden Joko Widodo meninjau pameran foto 'Membangun Indonesia', di Mall Neo Soho, Central Park, Jakarta, Selasa (12/11). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teriakan warga menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat berjalan masuk ke Mall Neo Soho, Central Park, Jakarta Barat, Selasa (12/11).

Ia datang ke pusat perbelanjaan itu untuk menghadiri pameran foto bertajuk 'Membangun Indonesia'.

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang yang digulung di bawah siku. Ia tiba sekitar pukul 17.05 WIB. Jokowi turut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Mendengar warga yang terus memanggil namanya dengan berteriak, Jokowi langsung menghampiri. Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun meladeni warga yang sigap menyodorkan ponsel untuk berfoto bersama.

Jokowi mengambil alih ponsel tersebut dan kemudian melakukan swafoto bersama beberapa warga yang berdiri di barisan depan.

Selepas itu, Jokowi bersama Pramono dan panitia penyelenggara langsung menuju arena pameran untuk melihat foto-foto yang telah dipajang.

Foto-foto yang dipamerkan merupakan hasil jepretan sejumlah pewarta foto yang bertugas di lingkungan Istana Kepresidenan, serta sejumlah daerah lain. Foto-foto berisi momen selama periode pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Memasuki arena pameran, Jokowi disambut sebuah foto 'wefie' dirinya bersama sejumlah pekerja pabrik.

Ia kemudian berjalan untuk melihat satu per satu foto yang terpasang di sekat-sekat pameran.

Jokowi kemudian tertuju pada foto yang dirinya ambil menggunakan kamera wartawan usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beberapa waktu lalu di Istana Merdeka. Jokowi ketika itu mengajak Prabowo undang foto bersama dengan para pewarta yang sehari-hari bertugas di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Prabowo yang merupakan rival Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019 itu kini menjadi pembantunya sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Setelah melihat foto itu, Jokowi melanjutkan melihat foto-foto lainnya dalam pameran 'Membangun Indonesia'.

Pria yang juga pernah menjadi Wali Kota Solo itu tampak tertarik saat melihat foto mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Teriakan Warga, Jokowi, dan Foto Dua Anak PapuaPresiden Joko Widodo melihat foto dirinya bersama Wapres Ma'ruf Amin saat berada di Kampung Deret, Jakarta. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Dalam foto yang dipamerkan itu, Susi tampak mengenakan kaca mata hitam dengan pantulan warga yang sedang berkerumun. Susi seperti sedang berbicara sembari memang microphone.

Jokowi terlihat tersenyum saat memperhatikan foto Susi itu. Ia pun berjalan untuk melihat lebih dekat foto mantan anak buahnya di Kabinet Kerja 2014-2019.

Setelah itu, Jokowi kembali berjalan untuk melihat foto lainnya. Sementara puluhan warga yang berada di sekitar lokasi pameran terus memanggil namanya dengan berteriak.

Mata-mata kamera, juga dari ponsel pintar tak lepas dari tangan warga yang berdiri di luar lokasi pameran. Mereka terus mengarahkan bidikan kamera ke arah Jokowi.

Di sela-sela melihat foto yang dipamerkan itu, Jokowi tetap meladeni permintaan beberapa warga untuk foto bersama. Ia mengambil kamera milik warga dan kemudian melakukan 'selfie'.

Pramono yang juga ikut masuk ke lokasi pameran kemudian mengarahkan Jokowi untuk melihat foto yang menampilkan momen Jokowi bersama Jusuf Kalla (JK). Ada juga foto JK yang sedang duduk sendiri di ruang rapat.

Selepas itu, Jokowi melihat foto ketika dirinya bersama Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Jalan Tanah Tinggi I, Johar Baru, Jakarta Pusat, akhir Mei 2019 lalu.

Setelah melihat dengan seksama, Jokowi kemudian menempelkan jempolnya pada bagian foto yang menampilkan Ma'ruf Amin.

Foto-foto yang ditampilkan secara garis besar berisi tentang aksi blusukan Jokowi, hasil program kerja periode pertama, sisi humanis Jokowi, hingga aktivitas para menteri Kabinet Kerja.

Jokowi menyebut foto-foto yang ditampilkan menangkap sejumlah momen dirinya dan sejumlah menteri Kabinet Kerja dari mulai di Jakarta, Sumatera, hingga Papua. Ia pun memuji hasil jepretan para fotografer tersebut.

"Momen-momen yang sangat baik yang bisa diambil secara cepat oleh kamera," kata Jokowi usai melihat pameran.

Jokowi mengaku memiliki foto yang paling berkesan dalam pameran kali ini. Foto tersebut adalah yang mengabadikan momen ketika dirinya menggendong dua anak Papua. Ia pun memuji sang fotografer mengambil momen tersebut.

"[Foto paling berkesan] yang gendong anak Papua. Itu yang ngambil sangat pinter, enggak tahu dari sisi mana," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Saat Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan, teriakan warga yang memanggil namanya tak juga berhenti. Puluhan warga yang berdiri di luar lokasi pameran terus menyerukan nama Jokowi dengan suara yang keras.

Ia berharap Jokowi mau menghampirinya usai tanya jawab dengan wartawan selesai. Setelah selesai wawancara, Jokowi langsung menghampiri kerumunan warga untuk menyapa dan meladeni permintaan foto bersama.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga menerima sebuah buku foto 'Potret Kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla'. Selain itu, ia turut mendapatkan kenang-kenangan berupa foto dirinya yang sedang menggendong dua anak Papua.

Pameran foto 'Membangun Indonesia' tersebut berlangsung sejak 10 November sampai 17 November 2019.
(fra/kid)