PKS Minta Pengecekan Penumpang Pesawat di Papua Diperketat

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 16:33 WIB
PKS Minta Pengecekan Penumpang Pesawat di Papua Diperketat Ilustrasi Papua. (Foto: Istockphoto/ Katiekk2)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk lebih memperhatikan soal Papua terutama berkaitan dengan pengecekan pesawat yang mengangkut penumpang.

Dia menuturkan pihaknya meminta agar pengecekan terhadap pesawat ke Papua diberlakukan sama. "Untuk cek clearance, termasuk atas nama mengangkut misionaris," kata Jazuli dalam keterangannya yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (13/11).

Pengecekan tersebut, kata anggota Komisi Pertahanan DPR itu, untuk menghindari disalahgunakan oleh oknum. Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Prabowo pekan ini, Jazuli menuturkan dirinya mengkhawatirkan ada yang mengaku misionaris namun memiliki misi tertentu.


Keterangan Jazuli sekaligus informasi tambahan terkait dengan pemberitaan soal misionaris di Papua


"Yang kita khawatirkan (bukan) soal orang sebar agama tetapi yang kita khawatir ada orang atas nama misionaris tapi simpan agenda lain di Papua itu yang jadi biang kerok, bisa jadi, kita tidak boleh tuduh, tapi harus diperiksa," jelasnya dalam rapat tersebut.

Melalui rapat itu, Jazuli juga menyarankan Prabowo agar menambah pasukan di wilayah Papua. Tentu dalam rangka menjaga keamanan di sana agar selalu kondusif.

Penambahan personel dinilai perlu mengingat wilayah Papua yang begitu luas.

(asa/asa)