Jokowi Kumpulkan Pangdam se-Indonesia di Istana

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 11:02 WIB
Jokowi Kumpulkan Pangdam se-Indonesia di Istana Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo bertemu para Panglima Kodam (Pangdam) seluruh Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/11). Pertemuan berlangsung sekitar satu jam.

Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono mengatakan Jokowi hanya mempertajam pesan yang disampaikan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019, di Sentul, kemarin.


"Ya itu tadi dipertegas saja lagi. Sudah penegasan itu saja, enggak ada yang lain-lain," kata Eko usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.
Eko enggan berbicara lebih jauh soal pesan yang disampaikan Jokowi kepada para jenderal bintang dua yang hadir.

Selain para Pangdam, hadir juga Komandan Korem (Danrem) Tipe A sekitar 60 orang.

Dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019 kemarin, Jokowi meminta TNI dan Polri tak meremehkan setiap peristiwa kecil yang terjadi di setiap daerah.

[Gambas:Video CNN]

Jokowi menyatakan para anggota TNI dan Polri harus meningkatkan kewaspadaan karena dunia penuh dengan ketidakpuasan.

"Melihat sekecil apapun sebuah peristiwa jangan menggampangkan, karena dunia penuh, negara-negara penuh dengan ketidakpuasan. Hati-hati," kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan kepada seluruh jajaran TNI menjaga pertahanan keamanan dan persatuan. Mantan wali kota Solo itu meminta TNI untuk mendukung agenda besar pemerintah. Salah satunya menjamin keamanan bagi berlangsungnya investasi di daerah.

"Saya titip kepada Panglima TNI, rakyat sangat berharap pada kontribusi yang diberikan dari TNI dan Polri," ujarnya.
(fra/ugo)