Zulhas Beberkan 4 Nama Calon Pesaing di Bursa Caketum PAN

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 13:54 WIB
Zulhas Beberkan 4 Nama Calon Pesaing di Bursa Caketum PAN Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengirim sinyal akan kembali maju menjadi calon Ketum PAN periode 2020-2025. Namun dia tak memungkiri ada sejumlah kandidat lain.

Ia membeberkan empat nama yang berpotensi menjadi pesaingnya, yakni mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, Waketum PAN Hanafi Rais, Wali Kota Bogor sekaligus Waketum PAN Bima Arya Sugiarto, serta Waketum PAN Mulfachri Harahap.

"Kandidat sudah banyak," kata sosok yang akrab disapa Zulhas tersebut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (14/11).


Ia memastikan bahwa persaingan untuk pemilihan Ketum PAN periode mendatang akan berlangsung secara sehat. Semua kandidat sepakat dan berkeinginan untuk memajukan PAN di periode selanjutnya.

"Semua berniat baik untuk memajukan partai, terbuka, transparan, adil, dilaksanakan sebaik-baik mungkin, sedemokratis mungkin. Tetapi andai kata nanti ada musyawarah mufakat itu juga bagus," ujar Zulhas.

[Gambas:Video CNN]
Dia menyatakan bahwa Kongres PAN untuk pemilihan ketum periode mendatang diperkirakan digelar pada Maret 2020. Sebelum itu PAN akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 6 Desember.

"Rakernasnya 6 Desember memutuskan kongres kira-kira akan dilaksanakan Maret," katanya.

Zulhas telah menjabat sebagai Ketum PAN selama satu periode. Dia menjabat sejak 2015 setelah Kongres PAN IV di Nusa Dua, Bali. Saat itu Zulhas mengalahkan calon petahana Hatta Rajasa dengan meraih dukungan 292 suara dari total 584 pemilik hak suara.

Di bawah kepemimpinan Zulhas, perolehan suara PAN di Pemilu 2019 meningkat menjadi 9.572.623 suara dari 9.481.621 suara di Pemilu 2014. (mts/osc)