Tembak Kontraktor, Anak Bupati Majalengka Jadi Tersangka

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 20:05 WIB
Tembak Kontraktor, Anak Bupati Majalengka Jadi Tersangka Ilustrasi penembakan. (Istockphoto/ Ipopba)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menetapkan anak Bupati Majalengka Karna Sobahi, IN, menjadi tersangka kasus penembakan terhadap pengusaha kontraktor di kabupaten tersebut.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan status tersangka untuk IN sudah ditetapkan sejak Rabu (13/11).

"Penetapan tersangkanya IN, [sudah] dilayangkan surat pemanggilan sebagai tersangka, untuk hari Jumat ini menghadap kepada penyidik," kata Trunoyudo di Bandung, Kamis (14/12) seperti dilansir Antara.


Trunoyudo menerangkan IN ditetapkan tersangka atas aksi penembakan dan kepemilikan senjata api. Polisi menjeratnya dengan Pasal 170 KUHP Juncto Undang-undang nomor 12 Tahun 1951 tentang penyalahgunaan senjata api.

"Penerapan pasalnya sejauh ini pasal 170 KUHP juncto Undang-undang Darurat 1951 seperti itu," kata Trunoyudo.

Walau telah ditetapkan sebagai tersangka, IN tak ditahan. Soal penahanan, kata Trunoyudo, bakal diputuskan setelah ada proses pemeriksaan pada tersangka, Jumat (15/12). Hingga saat ini menurutnya polisi hanya baru melayangkan surat pemanggilan.

Sehari sebelumnya, Wakapolres Majalengka Kompol Hidayatullah mengatakan senjata api yang dimiliki IN itu memiliki izin sampai tanggal 10 Januari 2020.

"Senjata sampai saat ini ada izinnya, yaitu berlaku sampai tanggal 10 Januari 2020," kata Hidayat di Majalengka, Rabu (13/11).

Meskipun IN mempunyai izin memiliki senjata api, Hidayatullah menyatakan polisi akan melakukan penyidikan lebih mendalam.

Penyidikan itu untuk mengetahui apakah kepemilikannya sesuai dengan ketentuan atau tidak.

"Kita akan kembangkan kembali dalam proses penyidikan, apakah proses perizinan [kepemilikan senjata api] sesuai SOP yang ada atau tidak," ujarnya.

Hingga kemarin, polisi telah memanggil sembilan saksi dari kedua belah pihak, baik pelapor yakni pengusaha kontraktor maupun terlapor.

[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya pada Selasa (12/11), Polres Majalengka menangani kasus penganiayaan disertai dengan penembakan yang diduga dilakukan oleh anak Bupati terhadap pengusaha kontraktor bernama Panji P. Penembakan itu memakai senjata api, namun menggunakan peluru karet.

Kejadian penganiayaan dan penembakan tersebut terjadi pada Minggu (10/11) sekitar pukul 23.30 WIB di depan ruko yang berada di jalan Cigasong-Jatiwangi, Majalengka.

IN merupakan anak Bupati Majalengka Karna Sobahi yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka.

(Antara/kid)