Menhan Malaysia dan Prabowo Bahas Soal Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 22:28 WIB
Menhan Malaysia dan Prabowo Bahas Soal Ibu Kota Baru Ilustrasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Malaysia, Mohammad Bin Sabu menyebut pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan tepatnya di kawasan Panajam Paser, Kalimantan Timur akan berdampak baik untuk hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia. Hal ini disampaikan langsung kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, saat keduanya bertemu.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Menteri Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Malaysia sangat antusias atas informasi soal pindahnya ibu kota ini.


"Menhan Malaysia mengatakan ibu kota baru Indonesia akan berdampak baik untuk wilayah Malaysia yang dekat dengan ibu kota baru (Sabah)," kata Dahnil kepada wartawan, Rabu (14/11).


Dalam kesempatan itu, Mohammed kata Dahnil juga menginggung soal perdamaian negara-negara mayoritas Islam yang ada di Asia Tenggara. Salah satunya yakni Indonesia dan Malaysia.

Hal ini tentu bisa menjadi contoh untuk negara-negara lain di luar Asia Tenggara yang juga mayoritas Islam untuk tetap hidup rukun dan damai.

"Dan Pak Prabowo menyatakan bahwa kontribusi Indonesia dan Malaysia sangat dibutuhkan untuk menjaga perdamaian tersebut, dan menunjukkan wajah negara-negara mayoritas Islam di ASEAN sebagai negeri yang cinta damai," kata Dahnil.


Dalam pertemuan tersebut Prabowo kata Dahnil sempat menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk seluruh rakyat Malaysia dan juga para raja Malaysia.

Prabowo sendiri memang dijadwalkan akan mengikuti 6th Ministry of Defense Meeting Plus yang akan digelar akhir pekan ini di Bangkok. (tst/ayp)