Anies Lelang 10 Jabatan Penting di Pemprov DKI

CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 17:46 WIB
Anies Lelang 10 Jabatan Penting di Pemprov DKI Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan membuka lelang jabatan untuk 10 posisi strategis. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan membuka lelang jabatan untuk 10 posisi strategis.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan lelang jabatan ini sudah sesuai dengan instruksi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang mengharuskan lelang jabatan untuk penempatan posisi pejabat baru.

"Karena kan dari KASN harusnya mensyaratkan itu harus open bidding. Jadi kami tidak bisa menunjuk. Kecuali dia rotasi itu boleh," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/11).

Saefullah mencontohkan lelang jabatan dilakukan untuk membuka peluang bagi pejabat eselon III yang berpotensi naik. Sementara rotasi jabatan bisa dilakukan hanya antar sesama eselon.


"Eselon II ke eselon II itu boleh pindah, tapi kalau promosi dari eselon III ke eselon II, eselon II ke eselon I itu harus melalui open bidding," ujar Saefullah.

Selain itu, Saefullah mengungkapkan untuk beberapa jabatan di DKI dibuka secara nasional. Sehingga posisi tersebut bisa diisi oleh pejabat selain di DKI.

"Dan ada beberapa yang dibuka untuk nasional. Karena kami pada setiap minggunya dapat surat (pindah) dari kementerian, dari pemprov, pemkot, kalau ada karyawan yang mau ikut seleksi," ungkap dia.
[Gambas:Video CNN]
Berikut daftar posisi yang siap dilelang oleh DKI:

1. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan DKI (Nasional).
2. Kepala Badan Penanggulan Kebakaran dan Penyelamatan DKI (Nasional).
3. Kepala Dinas Kebudayaan (DKI).
4. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DKI).
5. Kepala Dinas Pendidikan (DKI).
6. Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (DKI).
7. Wakil Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (DKI).
8. Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DKI).
9. Wakil Kepala Dinas Perhubungan (DKI).
10. Kepala Biro Umum (DKI).

Pendaftaran dilakukan mulai dari tanggal 12 November hingga 26 November. Akan ada tes tertulis dan tes kesehatan yang dilalui para peserta hingga pengumuman akhir pada tanggal 20 Desember 2019. Bagi para pendaftar dapat mengakses seleksiterbuka.jakarta.go.id (ctr/gil)