Polri Sebut Pelaku Bom Medan Anggota JAD, Bukan 'Lone Wolf'

CNN Indonesia | Senin, 18/11/2019 13:35 WIB
Polri Sebut Pelaku Bom Medan Anggota JAD, Bukan 'Lone Wolf' Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut pembom di Mapolrestabes Medan anggota jaringan JAD. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mabes Polri menyebut pelaku bom bunuh diri berujung ledakan di Mapolrestabes Medan berinisial RMN berkaitan dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Medan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan hal itu diketahui dari 23 orang tersangka terkait bom itu yang merupakan anggota JAD Medan dengan pemimpinnya yang berinisial Y.

"Kelompoknya semua terkait JAD, amir (pemimpin)-nya saudara Y," kata Dedi di Mabes Polri, Senin (18/11).


Awalnya, kepolisian sempat menyatakan bahwa pelaku bom bunuh diri itu merupakan lone wolf. Namun, berdasarkan hasil investigasi, ditemukan fakta bahwa aksi bunuh diri itu dirancang secara berkelompok.

Dalam kelompok tersebut ada sejumlah peran. Mulai dari pihak yang mempersiapkan RMN sebagai pelaku bom bunuh diri, pihak yang merakit bom, dan sebagainya.

[Gambas:Video CNN]
Diungkapkan Dedi, dalam aksi bom bunuh diri itu, bom dirancang oleh tersangka NP dan K. Keduanya disebut memang memiliki kemampuan dalam hal perakitan bom.

"Bom dirakit oleh dua orang, dua orang itu punya kemampuan merakit bom, ransel diketahui, bagaimana dimasukkan," tutur Dedi.

Di sisi lain, dijelaskan Dedi, dari 23 orang yang ditangkap tersebut, empat orang di antaranya diketahui langsung menyerahkan diri.

Sedangkan dua orang lainnya yakni NP dan K tewas saat dilakukan penangkapan lantaran mencoba melawan petugas. Sementara satu lainnya, yakni RMN, tewas saat melakukan aksi bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Dedi menuturkan para tersangka tersebut pernah mengikuti latihan di Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumut, berbaiat kepada ISIS, hingga mengetahui rencana aksi bom bunuh diri yang dilalukan RMN.

Pada Rabu (13/11) lalu sekitar pukul 08.45 WIB, terjadi ledakan di Mapolrestabes Medan di Jalan HM Said Medan. Ledakan itu mengakibatkan enam korban terluka dan sejumlah kendaraan rusak.


(dis/arh)