Prabowo Sebut Keamanan ASEAN Dipengaruhi Kekuatan Besar

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 09:25 WIB
Prabowo Sebut Keamanan ASEAN Dipengaruhi Kekuatan Besar Menhan Prabowo Subianto menyebut sejumlah ancaman dan tantangan di kawasan semenanjung ASEAN, termasuk terkait Laut China Selatan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut sejumlah ancaman dan tantangan yang bisa berkembang di kawasan semenanjung ASEAN. Prabowo menyampaikannya dalam forum ASEAN Defence Ministers' Meeting ke-6 yang digelar di Bangkok, Thailand pada 16 November 2019.

Menurut Prabowo, terdapat ancaman yang sewaktu-waktu bisa berkembang menjadi besar yakni berupa ancaman tradisional dan ancaman nontradisional.


Ancaman yang kerap terjadi di wilayah kawasan, kata Prabowo, mencakup tindakan terorisme, pencurian sumber daya alam, penyelundupan senjata, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, wabah penyakit, perang siber dan serangan intelijen.


"Perkembangan keamanan di kawasan juga diwarnai pasang surut kekuatan-kekuatan besar, isu Laut China Selatan (LCS) dan Semenanjung Korea yang berimbas pada stabilitas keamanan di kawasan," kata Prabowo seperti dikutip melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (19/11).

Prabowo mengapresiasi terkait isu Laut China Selatan lantaran kawasan yang semula dipenuhi dengan konflik ini telah berkembang ke arah yang lebih positif. Hal ini ditandai dengan kesepakatan finalisasi Code Of Confict terhadap sengketa LCS.

"Tentu harus didorong bersama untuk dijaga stabilitasnya agar tidak mengganggu jalur komunikasi dan perdagangan," ujarnya.


Tak hanya itu, Prabowo juga menyinggung soal perkembangan permasalahan di semenanjung Korea yakni antara Korea Utara dan Korea Selatan yang juga sudah menunjukkan perkembangan positif.

Hal ini ditandai dengan membaiknya komunikasi Korea Utara dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

"Tak lupa juga penanganan Rakhine State di Myanmar yang lebih baik," katanya.

Tentunya kata Prabowo, semua hal yang telah terjadi saat ini memerlukan langkah diplomatis dan dukungan dari dunia internasional agar stabilitas di wilayah kawasan bisa tetap terjaga.

"Dan Indonesia berharap, peran negara mitra wicara melalui kerja sama strategis dan multinational di kawasan Indo-Pasifik dapat mewujudkan kawasan yang stabil, aman dan damai dengan tetap mengedepankan sentralitas ASEAN," katanya.


Prabowo dalam kesempatan itu juga menegaskan solidnya kekuatan regional memang bergantung pada bagaimana setiap negara menyelesaikan semua persoalan domestik dan bilateral dengan baik.

Prabowo mengatakan setiap negara harus saling berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif untuk dapat melindungi kepentingan bersama sehingga tercipta perdamaian yang abadi di kawasan.

"Kerja sama yang kokoh ini menjadi modal bersama dalam menghadapi segala bentuk ancaman di kawasan," ujarnya.

[Gambas:Video CNN] (tst/pmg)