Baru Diuji Coba, Jalur Sepeda Cikini Dibongkar Demi Trotoar

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 14:11 WIB
Baru Diuji Coba, Jalur Sepeda Cikini Dibongkar Demi Trotoar Proses revitalisasi trotoar di Kawasan Cikini hingga Matraman, Jakarta. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membongkar jalur sepeda di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, demi proyek trotoar.

Padahal, jalur sepeda yang berada di kawasan tersebut belum lama diuji coba oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies diketahui mencoba menjajal jalur sepeda tersebut pada 20 September 2019.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyatakan pembongkaran itu hanya bersifat sementara. Pembongkaran dilakukan untuk perbaikan trotoar yang berada tepat di samping jalur sepeda.


"Iya, perbaikan saja kan gitu, karena jalur sepeda kemarin kan memang duluan terus trotoarnya harus ada pelebaran sedikit karena standarnya begitu," kata Irwandi saat dihubungi, Selasa (19/11).

Jalur sepeda yang dibongkar demi proyek trotoar itu berada dari mulai depan Stasiun Cikini hingga ke tikungan Megaria. Irwandi menyatakan itu merupakan satu kesatuan proyek trotoar Cikini yang sebelumnya sudah dilakukan DKI di kawasan tersebut.

"Enggak, trotoar aja. Kan Cikini lebar semua dari mulai ujungnya TIM (Taman Ismail Marzuki) sampai Metropole [Megaria]. Dibikin lagi [nanti jalur sepeda] tinggal cat lagi, cat hijau kayak semula," kata Irwandi.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan jalur sepeda yang sebelumnya diuji coba masih hanya sementara. Ia mengungkapkan di masa mendatang akan dibangun jalur sepeda yang permanen.

"Ya, kemaren kan masih jalur sementara blm permanen jadi begitu ada pelebaran trotoar yang lanjutannya dari Cikini terkena dampak," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]
Hari menyatakan jalur sepeda permanen yang akan dibangun nanti pun akan dilengkapi separator yang memisahkannya dengan lalu lintas umum.

Sebelumnya di media sosial, masyarakat mempertanyakan pembongkaran trotoar di Cikini. Pembongkaran itu berdampak pada pembongkaran jalur sepeda juga.

"Diponegoro, di bawah jembatan kereta Cikini, bongkar pasang dah kaya lego @aniesbaswedan. Bikin jalur sepeda belum 2 bulan udah kebongkar pelebaran trotoar. Apa ga pada ngobrol ya di Pemprov? #Jakarta," cuit akun Twitter iina_surbakti.

(ctr/kid)