Tak Ada Surat Pemecatan Co-Pilot Wings Air di Indekos Korban

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 12:00 WIB
Tak Ada Surat Pemecatan Co-Pilot Wings Air di Indekos Korban Ilustrasi indekos. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana mengatakan pihaknya tak menemukan surat pemecatan terhadap Co-Pilot Wings Air Nicolaus Anjar Aji Surya di dekat jenazah korban bunuh diri.

Menurut Indra, surat pemecatan itu tak dikirim ke alamat indekos korban di Jalan Rawa Lele, Kalideres, Jakarta Barat. Surat itu dikirim ke alamat rumah korban yang berada di Solo, Jawa Tengah.

"Surat pemberhentian kerja dari pihak perusahaan tempat dia bekerja itu tapi dikirimkannya ke alamat almarhum sesuai KTP karena almarhum kan orang Solo, dikirimkannya itu ke rumah orang tuanya di Solo, jadi tidak ada di TKP," tutur Indra saat dikonfirmasi, Kamis (21/11).


Indra menyampaikan dari hasil pemeriksaan sejauh ini diduga kuat korban melakukan bunuh diri. Pasalnya, tidak ditemukan luka bekas kekerasan di jasad korban dan hasil visum menunjukkan luka jeratan di leher.


Kendati demikian, kata Indra, pihaknya masih mengusut motif korban mengakhiri hidupnya. Saat ini, kepolisian masih memeriksa saksi dan mengumpulkan barang bukti.

"Sementara yang baru kami amankan yaitu pakaian korban beserta tali sebagai alat bunuh dirinya, kemudian juga pemeriksaan terhadap saksi-saksi," ujarnya.

Sebelumnya, Nicolaus ditemukan tewas di kamar kosnya yang beralamat di Kalideres, Jakarta Barat. Nicolaus yang merupakan Co-Pilot Wings Air ditemukan tak bernyawa dengan kondisi tubuh tergantung dan leher terjerat tali.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro tak memberi pernyataan perihal pemecatan terhadap Nicolaus.


Danang hanya menjelaskan Wings Air sudah melakukan pembinaan secara bertahap kepada awak kokpit yang melakukan tindakan indisipliner. Penerapan aturan kerja, kedisiplinan dan pelaksanaan standar operasional prosedur berlaku kepada semua awak pesawat dalam hal ini awak kokpit.

Ia menambahkan, Wings Air juga sudah mengimplementasikan program pembinaan kepada seluruh karyawan, termasuk awak pesawat. Kebijakan itu berfungsi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, integritas dan berkarakter baik, sebagai upaya peningkatan kinerja tinggi.

"Apabila dalam fase pembinaan, karyawan atau awak kokpit tidak memenuhi kualifikasi/ hasil yang diharapkan, maka perusahaan akan memberikan penindakan/ keputusan sesuai aturan," kata Danang dalam keterangan tertulis.

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis

[Gambas:Video CNN] (dis/pmg)