Adamas Belva Stafsus Jokowi, Pengusaha Berpengaruh di Asia

CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 17:56 WIB
Adamas Belva Stafsus Jokowi, Pengusaha Berpengaruh di Asia Pendiri Ruangguru, Adamas Belva Devara (kiri). (Dok. Ruangguru).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Ruangguru, Adamas Belva  Devara menjadi salah satu yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai staf khusus kepresidenan. Dari 12 staf khusus, tujuh orang diantaranya merupakan kalangan milenial.

Belva diketahui masih berusia 27 tahun saat terpilih sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia versi Forbes.

Dihimpun berbagai sumber, prestasi pria bernama lengkap Adamas Belva Syah Devara itu sudah menonjol sejak pendidikan menengah pertama.


Semasa sekolah, lelaki kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 itu dikenal jadi siswa yang kerap menyabet peringkat satu, menjuarai pelbagai olimpiade ilmiah hingga debat berbahasa Inggris. Prestasi yang mengantarnya mendapat beasiswa penuh ke jenjang kuliah.

Sulung dari tiga bersaudara ini mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapura untuk melanjutkan studi ke Nanyang Technological University di Singapura pada 2007.

Di sana Belva kembali meraih banyak prestasi akademis. Sebut saja, berhasil masuk pada Double Dean's List dengan prestasi tertinggi. Puncaknya pada 2011 saat ia diganjar tiga medali emas prestisius dari universitas.

Sembari kuliah, ia juga bekerja di salah satu perusahaan berpengaruh di Singapura yakni Goldman Sachs. Setelah menyelesaikan studi di Singapura ia memutuskan kembali ke Indonesia. Belva juga menolak berbagai tawaran pekerjaan di Singapura.

Di Ibu kota, Belva lantas bekerja untuk Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Selama itu pula ia memimpin pelbagai studi internasional terkait transformasi sistem pendidikan dan strategi peningkatan kesehatan publik di kawasan Asia Tenggara.

Pada 2013 ia melanjutkan pendidikan pascasarjana dan menjadi orang Indonesia pertama yang diterima di program gelar ganda di Harvard University, Cambridge, Massachusetts dan Stanford University sekaligus. Pendidikan ini juga mendapat sokongan beasiswa penuh.

Di tengah pendidikan itu, pada 2014 Belva bersama sahabatnya, Muhammad Iman Usman mendirikan Ruangguru--sebuah startup teknologi dengan misi pendidikan.

Setelah lulus dari program gelar ganda di Amerika Serikat pada 2016 ia akhirnya memutuskan untuk fokus memperbaiki pendidikan di Indonesia. Belva lantas kembali ke tanah air dan menjabat sebagai Direktur Utama Ruangguru.

[Gambas:Video CNN]

Startup ini berkembang pesat lima kali lipat dan menjadi perusahaan teknologi pendidikan terbaru. Ruangguru mengklaim mampu menjangkau lebih dari 10 juta siswa dan 150.000 guru. Belakangan ia melebarkan sayap bisnis RUangguru ke sektor korporat dan pemerintah.

Kini, berbagai prestasi itu mengantar Belva dipilih Jokowi menjadi staf khususnya. Dia bersama enam orang milenial lainnya seperti Putri Tanjung bakal membantu Presiden.

Staf khusus presiden sendiri bertugas membantu Presiden Republik Indonesia di luar fungsi kementerian dan lembaga. Para anggota staf khusus bertanggung jawab kepada Sekretaris Kabinet. Itu diatur dalam Perpres No. 39 tahun 2018 tentang Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Para staf khusus presiden memiliki masa jabatan paling lama lima tahun atau sama dengan masa jabatan presiden. Meski demikian, mereka bisa kapan saja dicopot oleh presiden walau belum lima tahun menjabat. (ika/osc)