Disparbud Jakarta Gelar Beragam Festival untuk Gaet Wisatawan

Pemprov DKI Jakarta, CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 12:16 WIB
Disparbud Jakarta Gelar Beragam Festival untuk Gaet Wisatawan Aktivitas di Monas. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menyebut Provinsi DKI Jakarta sangat kaya akan destinasi wisata sehingga cocok disinggahi para pelancong.

"Riset yang dilakukan tim Disparbud menunjukkan bahwa Jakarta memiliki 216 destinasi wisata. Dari situ, dibagilah keempat kawasan destinasi, yakni heritage, nature, urban, youth, dan culinary destination," ujar Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Disparbud DKI Jakarta Alberto Ali melalui keterangannya, Rabu (20/11).

Untuk itu, Disparbud ingin menumbuhkan semarak aktivitas pariwisata Jakarta melalui gelaran event agar dapat memikat kunjungan wisatawan di setiap kawasan.



"Selain penataan kawasan yang rapi, kami juga bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk menggelar banyak event supaya wisatawan yang berkunjung semakin banyak. Kami bekerja sama dengan EO, start up, hotel, restoran, dan lain-lain. Jika mengandalkan APBD mungkin terlalu berat, ya," ujar Alberto.

Di tahun ini saja, Disparbud telah menggelar berbagai event unggulan yang menggenjot kunjungan wisatawan, di antaranya Jakarnaval, Jakarta Night Festival, Festival Musik Tepi Barat, Festival Museum Enjoy Jakarta, Monas Week, Jakarta International Folklore Festival (JIFF), Seribu Island Reggae Festival, Jakarta International Photo Festival (JIPFEST), dan Jakarta Muharram Festival.

Alberto melanjutkan, acara tersebut mampu menghidupkan aktivitas perekonomian warga Jakarta.

"Salah satu program unggulan kami adalah meningkatkan pariwisata Jakarta yakni dengan mengembangkan event-event yang bisa mendatangkan wisatawan. Misalnya, waktu itu kita pernah menggelar Seribu Island Reggae Festival. Animo masyarakat besar sekali, sekitar 4 ribu orang datang ke pesta musik tersebut, sehingga bisa meningkatkan aktivitas perekonomian di Kepulauan Seribu," papar Alberto.


Disparbud akan mengupayakan kegiatan besar di Jakarta dapat rutin dilaksanakan setiap tahun, bahkan bertambah. Salah satu yang terbesar diadakan pada Juni 2020 dan sedang dipersiapkan, yakni kompetisi balap mobil bergengsi, Formula E 2020.

"Festival sepanjang tahun inilah yang sedang kita perbanyak, kita promosikan agar masyarakat tahu event besar apa saja yang berkaitan dengan festival. Alhamdulillah kita sudah adakan beberapa yang tahunan, seperti Jakarnaval, Jakarta Night Festival. Tahun depan akan ada acara berskala internasional, yaitu Formula E atau Jakarta E-Prix," ujar Alberto.

Nah, bagi Anda yang tak mau ketinggalan beragam event seru Jakarta, intip jadwal lengkapnya di situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (fef)