Melintas di Jalur yang Benar, Otopet Belum Ada yang Ditilang

CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 17:30 WIB
Polisi menyebut belum ada pengguna skuter listrik yang kena tilang karena ketentuan soal lokasi masih dipatuhi. Skuter listrik dilarang digunakan di trotoar dan jalur sepeda. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus menyebut sampai saat ini belum ada pengguna otopet atau skuter listrik yang ditilang.

Diketahui, pemberian bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengguna otopet atau skuter listrik yang melanggar mulai diterapkan sejak Senin (25/11).

Pengguna skuter sendiri akan ditilang jika melintas di trotoar ataupun di jalur sepeda. Polisi hanya membolehkan otopet atau skuter listrik di kawasan tertentu.


"Sementara hasil tilang skuter listrik sampai saat ini nihil," kata Yusri saat dikonfirmasi, Rabu (27/11).

"Karena ini kan saya lihat sudah banyak orang menggunakan di tempat yang benar," ucap Yusri.

[Gambas:Video CNN]
Mulai Senin (25/11), skuter listrik hanya boleh digunakan di kawasan khusus tertentu yang sudah mendapatkan ijin dari pengelola, seperti di bandara, stadion, atau tempat wisata.

Kepolisian juga telah menetapkan sejumlah standar dan kriteria terhadap pengguna otopet atau skuter listrik yang melintas di wilayah DKI Jakarta. Setidaknya, terdapat lima aturan yang harus dipatuhi oleh pengendara skuter listrik.

Yakni, otopet tak boleh digunakan lebih dari satu orang, penggunanya minimal 17 tahun, harus dilengkapi dengan alat pelindung seperti helm, deker, dan rompi reflektor untuk pemakaian pada malam hari.

Prosedurnya penilangan itu mengacu pada Pasal 282 Juncto Pasal 104 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam penindakan tersebut, kepolisian menggunakan sistem tilang elektronik atau e-tilang. Mekanismenya, pelanggar hanya perlu menunjukkan kartu identitas atau KTP kepada petugas, kemudian pelanggaran akan dimasukkan ke dalam sistem.

"Teknisnya (penilangan) dengan mencatat ID (kartu identitas), kita e-tilang. Kalau memang enggak membawa ID, kan pada saat mendaftar memakai OVO, akan masuk ke dalam akun identitas si pengguna tersebut," tutur Yusri, Senin (25/11).

(dis/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK