SBY Sibuk, Demokrat Belum Atur Jadwal Bertemu Pengurus PKS

CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 00:54 WIB
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan pihaknya belum mengatur jadwal pertemuan di bulan Desember atau Januari seperti yang disebut oleh pengurus PKS Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan ketua umumnya tengah banyak kesibukan, sehingga belum bisa mengatur jadwal bertemu dengan pengurus PKS (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jendral Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih memiliki banyak kesibukan sehingga belum bisa menentukan jadwal pertemuan dengan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Banyak kesibukannya [SBY]," kata Hinca di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11).

Hal itu sekaligus membantah pernyataan petinggi PKS. Presiden PKS Sohibul Iman melalui Wakil Ketua Umum Demokrat Syarif Hasan pernah mengatakan jadwal pertemuan itu ada pada bulan Desember atau awal Januari.


"Jadwal untuk itu belum ada," tuturnya.

Selain itu, Hinca mengatakan Partai Demokrat juga akan menggelar kongres pada tahun depan. Ia tak bisa memastikan apakah pertemuan antara pengurus Demokrat dan PKS bisa dilakukan usai kongres berakhir.

"Belum, belum ada jadwalnya. Nanti ada dikasih tahu kalau ada jadwalnya. Belum ada jadwalnya," kata dia.

Presiden PKS Sohibul Iman mengaku berencana bertemu dengan Ketua Umum Demokrat SBY pada pertengahan Desember atau sekitar awal Januari tahun 2020 mendatang. Rencana pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari komunikasi yang sudah terjalin antara elite PKS dan Demokrat belakangan ini.
[Gambas:Video CNN]
Sohibul mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan.

"Beliau katakan mungkin di pertengahan Desember atau juga mungkin di awal Januari. Itu sudah jawaban," kata Sohibul di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/11).

"Awalnya PKS muda dengan generasi muda di Demokrat juga. Tapi akhirnya kemarin saya komunikasi langsung dengan Pak Syarief Hasan. Pak Syarief langsung bertanya ke Pak SBY. Beliau bersedia untuk berkomunikasi dengan kita," lanjutnya.

Sohibul mengakui tengah menjalin komunikasi dengan partai-partai lain yang kini berada di luar koalisi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

PKS akan melakukan silaturahmi dengan PAN. Meski begitu, pertemuan direncanakan setelah PAN selesai menggelar kongres dalam waktu dekat ini.

"Jadi mereka akan siap bertemu nanti setelah itu. Jadi kita bangun komunikasi," kata dia.
(rzr/bmw)