Anies Janji Unggah Rincian RAPBD di Situs DKI Agar Transparan

CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 14:32 WIB
Anies Janji Unggah Rincian RAPBD di Situs DKI Agar Transparan Gubernur Jakarta Anies Baswedan berjanji bakal membuka rincian anggaran DKI ke publik agar pembahasan RAPBD transparan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan mengunggah rincian anggaran DKI usai penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) Kebijakan Umum APBD Prioritas Plafon Anggaran Sementara (Kuappas).

Pekan depan mulai hari Senin (2/12) pembahasan RAPBD sudah mulai dibahas dengan memasukkan komponen ke dalam Kuappas yang sudah disepakati.

"Sekarang data entry dimulai sesudah MoU dilakukan. Sesudah data entry," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (28/11).

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta DKI segera membuka anggaran kepada publik. Menurutnya pembahasan anggaran harus dibuka sejak awal pembahasan.


"Harus transparan, terbuka. Saya mau bahas anggaran transparan dan harus terbuka untuk umum," ungkap dia.

"Kan Senin kita baru bahas dan masukkan data entry. Senin dimasukkan komponen," lanjut dia.
[Gambas:Video CNN]

Transparansi DKI dalam membahas anggaran sempat dipertanyakan karena pada pemerintahan sebelumnya, setiap pembahasan di unggah ke laman resmi apbd.jakarta.go.id.

Diakui pemerintah DKI bahwa tidak ada kewajiban DKI untuk mengunggah anggaran. DKI baru bisa mengunggah setelah penandatanganan MoU Kuappas.

Hari ini, DKI dan DPRD DKI sudah meneken MoU Kuappas DKI 2020 dengan jumlah Rp87,9 triliun. Angka ini kemudian akan dimasukkan komponen detail di rapat RAPBD. Setelah rampung RAPBD ini akan dibawa ke Kementerian Dalam Negeri. (ctr/gil)